Cara Menekan Budget Seminim Mungkin Saat Traveling

Siapa yang tidak ingin liburan dengan bujet seminim mungkin? Pasti semua orang menginginkan hal tersebut. Sayangnya, baru dalam tahap merencanakan saja rasanya sulit untuk menekan bujet liburan seminim mungkin. Padahal sebenarnya, dengan sedikit usaha, kamu akan mendapatkan liburan idaman dengan harga yang murah. Simak beberapa tips menarik di bawah ini untuk menekan budget seminim mungkin saat traveling.

Beli tiket pesawat atau kereta jauh-jauh hari

Sebenarnya jika kamu melihat, hal yang paling menyebalkan ketika liburan adalah membeli tiket pesawat atau kereta dengan harga yang sangat mahal. Biasanya ini terjadi karena kamu tidak mempersiapkan diri untuk membelinya jauh-jauh hari sebelumnya. Padahal sekarang ada banyak promo yang ditawarkan oleh beberapa maskapai atau perusahaan penyedia jasa transportasi, jadi kamu bisa membeli tiket pesawat atau kereta jauh-jauh hari. Kalau bisa kamu membeli tiket liburan terlebih dahulu, baru merencanakan liburan selengkap-lengkapnya.

Pilih penginapan yang tidak hanya murah, tapi strategis

Banyak tips yang mengatakan bahwa memilih penginapan yang murah, walaupun tempatnya terpencil sekalipun. Itu sebenarnya tips yang menyesatkan, karena biaya traveling bisa membengkak karena perjalanan yang jauh dari lokasi penginapan yang tidak strategis ke beberapa tempat wisata. Usahakan untuk memilih penginapan yang tidak hanya murah, tetapi juga strategis. Semakin dekat kamu dengan tempat tujuan wisata, tentu akan lebih baik.

Kamu bisa melihat beberapa pilihan hotel dengan harga yang murah tetapi memiliki tempat yang cukup strategis di ZEN Rooms. Coba buka website-nya dan lihat penawaran menarik jika daftar sekarang.

Buat budget makan

Selanjutnya adalah memikirkan budget makan. Ini adalah perencanaan keuangan yang sangat remeh dan sering dilupakan oleh banyak orang. Ketika kamu meremehkan soal budget makan, kamu bisa-bisa over budget hanya untuk makan. Misalnya ketika pergi ke Jakarta, kamu tidak merencanakan untuk makan di mana. Biasanya makan di Jakarta butuh 20 ribu untuk sekali makan. tapi di beberapa tempat, kamu bisa saja mengeluarkan uang sampai 50 bahkan 100ribuan!

Jadi lebih baik sebelum kamu datang ke daerah yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, cari informasi makanan sebanyak mungkin. Siapa tahu kamu mendapatkan harga makanan yang sangat murah.

Coba angkutan umum, taksi adalah pilihan terakhir

Selanjutnya adalah transportasi. Di zaman teknologi yang serba modern, kamu akan diuntungkan dengan adanya informasi angkutan umum. Misalnya kamu mengunjungi Malaysia atau Singapura, kamu bisa mencari tahu informasi seperti angkutan umum, MRT, atau bus hanya dengan membuka website atau memasang aplikasi. Sebagai informasi tambahan, MRT dan bus di luar negeri harganya sangat murah. Untuk soal taksi, coba buat ini sebagai pilihan terakhir sebagai mode transportasi.

Buat daftar oleh-oleh

Terakhir adalah buat daftar oleh-oleh. Sama seperti bujet makan, oleh-oleh ini sering dianggap orang sebagai hal remeh. Banyak orang tidak mengerti definisi oleh-oleh yang sebenarnya. Tidak semua orang ketika bepergian itu harus beli oleh-oleh dengan jumlah banyak lalu dibagi-bagikan. Definisi oleh-oleh adalah cenderamata yang dibawa seorang wisatawan pulang ke rumahnya. Ingat ya, pulang ke rumahnya bukan untuk dibagi-bagikan. Jadi kamu tidak perlu membeli oleh-oleh terlalu banyak.

 

Leave a Reply