Cara Menghemat Uang Saat Liburan

Photo header credit: kidspot.com.au

Liburan kerap kali dihubungkan dengan hal mewah yang menghabiskan uang. Butuh uang saku dan akomodasi yang mumpuni ketika liburan, apalagi bila liburan tersebut dilakukan secara bersama-sama dengan keluarga. Mungkin kamu akan sedikit bingung, terutama bila ini terkait uang saku liburan kamu yang pas-pasan. Nah, sebenarnya ada cara mudah untuk menghemat uang ketika liburan. Berikut ini adalah beberapa cara menghemat uang saat liburan yang bisa kamu terapkan.

Pilih transportasi termurah

Photo credit: 3hack.net

Pertama, carilah transportasi paling murah untuk menuju ke tempat liburan kamu. Angkutan umum seperti bus dan kereta api biasanya jauh lebih murah ketimbang harus naik pesawat. Namun bila tempat tujuan kamu hanya bisa dijangkau dengan pesawat, kamu bisa memesan tiket pesawat lebih awal atau memesannya di hari biasa untuk mendapatkan diskon tertentu. Selain transportasi menuju ke sana, kamu juga perlu memilih transportasi untuk berkeliling lokasi tujuan. Bila hanya berdua, sewa motor akan lebih hemat daripada harus menyewa mobil.

Cari tempat menginap murah dan nyaman

Pengeluaran terbesar yang selalu ada di setiap liburan adalah penginapan. Kamu tentu ingin mendapatkan lokasi menginap yang nyaman. Namun kerap kali tempat menginap yang nyaman membutuhkan biaya yang cukup besar. Sekalinya ada, pasti sudah penuh ter-booking. Sebagai solusinya, ZEN Rooms bisa jadi pilihan utama menginap. Di ZEN Rooms, harga tak akan berubah, sesuai dengan yang kamu pesan. Selain itu, kenyamanan setiap kamar di ZEN Rooms akan terjamin karena setiap bulannya ada tim auditor yang menilai kenyamanan setiap kamar.

Hindari makan malam di restoran

Photo credit: huffingtonpost.com

Semaksimal mungkin tekan pengeluaran untuk makan. Hindari makan malam di restoran berkelas yang tentu sangat mahal dan menghabiskan banyak biaya tidak penting. Pilihlah lokasi makan yang murah dan enak. Makan di street food bahkan lebih baik daripada harus makan di restoran mewah, sama kenyangnya. Atau bila kamu ingin lebih irit lagi, kamu bisa membawa bekal dari rumah.

Tawar ketika beli oleh-oleh

Photo credit: kuala-lumpur.ws

Oleh-oleh adalah hal yang wajib dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga yang tidak ikut berlibur. Pengeluaran oleh-oleh tentu akan sangat besar, apalagi bila membelinya dalam jumlah banyak. Untuk menyiasatinya, sebaiknya tawar sebelum membeli oleh-oleh. Usahakan untuk membeli oleh-oleh di satu tempat saja agar kamu mendapatkan diskon karena telah membeli banyak barang di tempat tersebut.

Manfaatkan atraksi gratis

Photo credit: minitime.com

Bila di lokasi wisata kamu ada tujuan wisata gratis, manfaatkan hal tersebut. Tiket masuk sering kali jadi pengeluaran tak terduga. Sedikit-sedikit, meskipun murah, tentu akan membuat budget liburan kamu semakin berkurang. Bila ada diskon tiket, manfaatkan hal tersebut semaksimal mungkin.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk berhemat ketika liburan. Selama ada kemauan, pasti ada jalan. Yang jelas, niatan kamu harus kuat untuk berhemat selama liburan. Jadi, mantapkan hati dan jiwa kamu untuk berhemat, jangan lupa fokus untuk bersenang-senang di tempat liburan kamu. Selamat berlibur!

Leave a Reply