Cuma di Indonesia Kamu Bisa Lihat 17 Hal Ini!

0. HeaderPhoto Credit: hikariazzahirah.wordpress.com

Indonesia itu unik. Baik dari budaya, kuliner, dan tentu saja orang-orang yang tinggal di dalamnya. Pada waktu tertentu, kamu merasa bangga sekali dengan Indonesia. Di lain kesempatan, rasa bangga tersebut bisa berubah menjadi geram. Apalagi kalau kamu sudah bertemu dengan hal-hal berikut yang cuma ada di Indonesia.

Panjat Pinang

1. Panjat PinangPhoto Credit: muudu.com

Indonesia punya banyak cara untuk memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan, salah satunya dengan lomba panjat pinang. Bagian atas pohon pinang dipasang berbagai hadiah untuk para peserta. Tantangannya terletak pada batang pohon yang dilumuri pelumas, jadi peserta pun susah untuk memanjatnya.

Memburu Setan

2. Memburu SetanPhoto Credit: pemburuhantulativi.blogspot.com

Sudah ada berapa banyak acara televisi yang temanya tidak jauh dari kata alam ghaib? Hal satu ini cukup unik sekaligus bisa bikin kamu geleng-geleng kepala. Sebenarnya apa tujuan acara-acara tersebut menangkap keberadaan setan melalui kamera?

Tulisan Lucu Bak Truk

3. Tulisan Lucu Bak Truk

Photo Credit: kaskus.id

Lalu lintas yang macet selama perjalanan tidak akan terasa membosankan jika ada truk-truk dengan tulisan nyentrik pada bak mereka. Mulai dari berbau politik, agama, hingga hubungan antara pria dan wanita.

Permainan Tradisional

4. Permainan Tradisional

Photo Credit: youtube.com

Gundu, lompat tali, dan gobak sodor hanyalah sebagian kecil dari contoh permainan tradisional khas Indonesia. Mungkin dulu kamu sering memainkannya saat kecil. Sayangnya, permainan tradisional kini mulai jarang ditemukan.

Tradisi Mudik

5. Tradisi Mudik

Photo Credit: selasar.com

Lebaran menjadi salah satu momen yang paling dinanti oleh umat islam di Indonesia. Pada momen inilah mereka akan melakukan tradisi mudik, yakni pulang ke kampung halaman masing-masing.

Jalanan Sepi Saat Lebaran

6. Jalanan Sepi Saat Lebaran

Photo Credit: news.okezone.com

Mayoritas penduduk Indonesia beragama islam dan banyak dari mereka yang menjadi perantau di kota-kota besar. Alhasil, ketika lebaran datang, jalanan di kota-kota besar mendadak sepi karena penduduknya pulang kampung.

Menutup Jalanan Demi Acara

7. Menutup Jalanan Demi Acara

Photo Credit: lenterakabah.com

Ada banyak faktor yang menyebabkan kemacetan di Indonesia, salah satunya adalah penutupan jalanan yang dilakukan warga sekitar demi menyelenggarakan acara tertentu. Boleh saja kok punya hajat tertentu, tapi pastikan kamu sudah memikirkan segala hal yang diperlukan agar tidak perlu menggunakan kepentingan orang lain.

Orkes Dangdut

8. Orkes Dangdut

Photo Credit: magelangimages.wordpress.com

Hal satu ini sepertinya cuma ada di daerah perkampungan dan perumahan tertentu. Saat mengadakan acara, mereka akan menyewa orkes dangdut yang suaranya bisa terdengar sampai kampung atau perumahan sebelah.

Angkutan Umum Berhenti Sembarangan

9. Angkutan Umum Berhenti Sembarangan

Photo Credit: koranmuria.com

Banyak sabar saja, deh, kalau menyetir di Indonesia. Kamunya sudah hati-hati, eh ada saja angkutan umum yang berhenti sembarangan tanpa menyalakan lampu sign. Apalagi kalau mereka memutuskan untuk β€œparkir” sejenak di pinggir jalan.

Siskamling

10. Siskamling

Photo Credit: radarbangka.co.id

Siskamling merupakan singkatan dari Sistem Keamanan Lingkungan. Biasanya, Siskamling melibatkan petugas penjaga pos di area tertentu. Mereka akan keliling melakukan patrol keamanan, yang bisa dilakukan oleh hansip atau menerapkan sistem ronda pada warganya.

Tisu Toilet di Tempat Makan

11. Tisu Toilet di Tempat Makan

Photo Credit: motzter.com

Orang luar negeri mungkin akan mengernyitkan kening dalam-dalam begitu melihat tisu yang biasa mereka gunakan di toilet berada di meja makan. Selama masih bersih, sepertinya masih-masih saja untuk digunakan, ya.

Coretan pada Uang kertas

12. Coretan pada Uang kertas

Photo Credit: sahabatsepi.wordpress.com

Entah apa yang ada di pikiran orang-orang ketika mencoret uang kertas. Coretan ini bentuknya macam-macam, bisa berupa puisi pendek, nomor telepon, atau sekadar mencoreti gambar wajah pahlawan yang tertera di sana.

Pasar Barang Bekas

13. Pasar Barang Bekas

Photo Credit: tribunnews.com

Siapa bilang barang bekas tidak bisa digunakan? Masyarakat Indonesia berhasil membuktikan bahwa hal tersebut ntidak benar. Kita bahkan memiliki pasar khusus barang bekas di berbagai daerah.

Touch Screen Depot Padang

14. Touch Screen Depot Padang

Photo Credit: commons.wikimedia.org

Jangan bayangkan touch screen ala gadget canggih kamu, ya. Masakan di Depot Padang biasanya diletakkan di etalase kaca. Kamu hanya perlu menunjuk menu yang kamu inginkan dari luar kaca seolah sedang menggunakan gadget berlayar touch screen, dan penjual akan segera memberikan menunya kepada kamu.

Film Horor Lokal dengan Judul Ajaib

15. Film Horor Lokal dengan Judul Ajaib

Photo Credit: octavianinurhasanah.net

Genre horor sempat populer di Indonesia. Hal tersebut sepertinya menginspirasi beberapa pihak untuk memproduksi film dengan judul ajaib, sebut saja Kung Fu Pocong Perawan, Kepergok Pocong, atau Pelukan Janda Hantu Gerondong.

Berjejer Mencari Kutu Rambut

16. Berjejer Mencari Kutu Rambut

Photo Credit: indonesiamengajar.org

Hal satu ini sepertinya hanya bisa kamu temukan di daerah perkampungan atau pedesaan. Biasanya, beberapa wanit akan duduk berjejer di depan rumah mereka untuk mencari kutu rambut.

Begadang Ramai-Ramai

17. Begadang Ramai-Ramai

Photo Credit: forumbmw.wordpress.com

Begadang ramai-ramai bukan sekadar nongkrong. Hal satu ini juga bisa disebut dengan tradisi melekan. Biasanya, kaum pria yang melakukan tradisi ini. Mereka akan ramai-ramai bermain gaple atau kartu remi hingga larut malam.

Itulah tujuh belas hal yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia. Beberapa hal mungkin membuat kamu merasa sebal, tapi pada akhirnya kamu pun akan memaklumi hal-hal tersebut karena mereka sudah menjadi bagian dari Indonesia.

 

Leave a Reply