Destinasi di Liburan Lebaran

HeaderHeader: piknikdong.com

Tidak terasa Bulan Ramadan sudah hendak memasuki minggu ketiga. Bagi yang tahun ini tidak berencana pulang ke kampung halaman, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu libur lebaran untuk traveling. Umumnya, kota-kota besar akan sepi selama libur lebaran, jadi Anda bisa mengunjunginya dan lebih leluasa mengeksplor tempat-tempat wisata di sana.

Yogyakarta

1. Yogyakarta

Photo Credit: ngadem.com

Sejak film Ada Apa dengan Cinta 2 dirilis, popularitas Yogyakarta sepertinya semakin meningkat. Orang-orang jadi tertarik untuk mengeksplor berbagai tempat wisata yang belum terlalu mainstream. Salah satu yang bisa Anda kunjungi saat libur lebaran nanti adalah Blue Lagoon, sebuah pemandian di Wododomartini, Ngemplak, Sleman. Konon, airnya yang sangat jernih dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Suasana di sana juga sejuk sekali karena dikelilingi oleh pepohonan.

Nah, bagi yang lebih suka dengan pantai, Anda bisa mengunjungi Pantai Nglambor yang belum terlalu populer. Pantai satu ini memiliki ombak yang tenang dan berair dangkal, cocok untuk berenang maupun snorkeling. Terletak di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan, Pantai Nglambor menjadi surga tersembunyi bagi para pecinta pantai yang traveling ke Yogyakarta.

Bali

2. Bali

Photo Credit: expedia.com

Selain berbagai pemandangan indah yang ditawarkannya, Bali memiliki sejuta budaya yang membuatnya mempesona. Saat libur lebaran di Bali nanti, coba kunjungi obyek wisata Pondok Pekak di kawasan Ubud. Pondok Pekak merupakan sebuah perpustakaan khusus untuk pengetahuan tentang lingkungan. Awalnya, Pondok Pekak lebih sering dikunjungi oleh para ekspatriat yang tinggal di Ubud bersama anak-anak mereka dan membutuhkan tempat membaca. Seiring berjalannya waktu, Pondok Pekak pun berkembang menjadi tempat bagi anak-anak untuk belajar kesenian Bali, terutama seni tari dan musik tradisional.

Apabila ingin lebih mendekatkan diri dengan alam, Anda bisa mengunjungi Bali Bird Park, salah satu taman burung terbesar di Indonesia. Setidaknya ada 1.000 jenis unggas dari 250 spesies yang dipelihara di Bali Bird Park ini, mulai dari burung cendrawasih, kaswari, merpati, kakak tua, hingga pelikan.

Bandung

3. Bandung

Photo Credit: traxonsky.com

Tidak salah jika Bandung disebut sebagai kota kreatif. Coba lihat taman-taman kota dengan berbagai tema di sana, sangat akomodatif dengan kebutuhan warganya. Ada satu lagi tempat wisata kreatif di Bandung, yakni Lawang Wangi. Terletak di dataran tinggi, Anda bisa menikmati pemandangan Bandung melalui mayoritas bangunannya yang terbuat dari kaca. Tidak hanya ada restoran, Lawang Wangi juga memiliki ruang pameran seni dan ruang kreatif.

Bandung ternyata juga memiliki spot asyik untuk menikmati sunrise. Anda bisa datang ke Tebing Keraton yang berada di kawasan Cimenyan. Sesuai dengan namanya, Tebing Keraton merupakan sebuah tebing dengan pemandangan Taman Hutan Ir. H. Juanda mengelilinginya. Biasanya, para pengunjung suka menikmati pemandangan dari ujung tebing. Tapi, Anda harus berhati-hati mengingat bahwa lokasi tebing tersebut benar-benar tinggi.

Bogor

4. Bogor

Photo Credit: malesmandi.com

Pernah mengunjungi Museum Angkut di Batu, Jawa Timur? Kota Bogor ternyata memilliki museum serupa bernama Museum Mobil Sentul. Di dalamnya, Anda bisa menemukan berbagai koleksi mobil dan motor antik yang dipajang dengan apiknya. Tapi, jika lebih tertarik dengan wisata alam, Bogor memiliki pilihan yang cukup beragam. Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Destinasi wisata satu ini memiliki 3 kolam pemandian dan buka selama 24 jam. Masyarakat setempat percaya bahwa air panas di tempat tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Ingin yang lebih adventurous? Langsung saja datangi Taman Budaya Sentul City. Selain pemandangannya yang bagus, tempat tersebut juga menyediakan wahana permainan outdoor untuk anak-anak maupun dewasa, seperti flying fox, ATV, berkuda, hingga camping. Sebagai opsi lain, Anda juga bisa berjalan-jalan di Hutan Pinus Gunung Pancar yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Pemandian Air Panas Gunung Pancar.

Surabaya

5. Surabaya

Photo Credit: surabaya.panduanwisata.id

Sudah tidak familiar dengan lirik lagu tersebut, kan? Saat libur lebaran di Surabaya, jangan lupa melewati Jalan Tunjungan yang masih kental dengan jejak sejarah dari zaman penjajahan Hindia Belanda. Tidak jauh dari sana, Anda bisa cuci mata di salah satu mall paling legendaris di Surabaya, yakni Tunjungan Plaza. Jika lelah berjalan-jalan dan ingin makan di luar mall, langsung saja kunjungi Es Teler dan Bakso Tanjung Anom yang di kawasan Jalan Taman Apsari atau Jalan Tanjung Anom.

Surabaya juga memiliki museum kretek bernama House of Sampoerna. Di sini, Anda bisa belajar tentang sejarah kretek melalui media-media yang menarik dan jauh dari kata membosankan. Di samping bangunan museum, terdapat kafe yang bisa Anda kunjungi untuk beristirahat. Saat malam hari, sempatkan pula diri Anda untuk mengunjungi Surabaya Carnival Night yang terletak di kawasan Waru. Anda pasti akan puas bermain banyak wahana dan tentunya mempelajari kosa kata khas Surabaya di dalam Museum Surabaya

Sudah tidak sabar untuk berlibur lebaran, ya? Kota manapun yang Anda tuju, jangan lupa memilih tempat penginapan yang aman dan nyaman untuk beristirahat. Dengan begitu, Anda bisa berlibur dengan maksimal. ZEN Rooms memiliki berbagai pilihan kamar yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau. Happy holiday!

One thought on “Destinasi di Liburan Lebaran

  1. I see your page needs some unique articles. Writing manually is
    time consuming, but there is tool for this task. Just search in gooogle for – Avurker’s essential tools

Leave a Reply