Fakta: 7 Pengusaha Kaya di Dunia Ini Ternyata Tidak Lulus Kuliah

Percaya atau tidak, beberapa pengusaha terkaya di dunia ini ternyata tidak sempat menyelesaikan studinya, alias nggak lulus, alias drop-out! Siapa saja? Yuk cari tahu!

Bill Gates

Photo source: @billgates__official

Hampir semua orang sudah mengetahui cerita hidup orang terkaya di dunia yang satu ini. Pada tahun 1975, Bill Gates memutuskan untuk drop-out dari Harvard untuk fokus mengerjakan proyek Microsoft-nya. Dilansir dari majalah Forbes, Bill Gates berhasil menjadi orang terkaya di dunia selama 13 tahun dan belum menunjukkan tanda-tanda bawah posisinya akan digeser oleh siapapun. Oh ya, banyak orang belum tahu bahwa Bill Gates berhasil menciptakan komputerisasi permainan tic-tac-toe saat usianya masih 13 tahun, lho.

Steve Jobs

Photo source: @steve._jobs

Tidak jauh berbeda dengan Bill Gates, Steve Jobs drop out dari Reed College tempat dirinya kuliah demi membangun Apple. Sebelum akhirnya meninggal karena kanker pankreas yang dideritanya enam tahun silam, Steve sukses membawa Apple menjadi produk kenamaan dunia.

Michael Dell

Photo source: flickr.com

Masih seputaran dunia teknologi komputer, Michael Dell juga drop-out dari kuliahnya pada usia 19 tahun untuk memulai PC’s Limited, yang kemudian dinamai ulang menjadi Dell Computers Inc. Saat ini, Dell menjadi salah satu merek PC ternama di dunia dan menempatkan Michael Dell dalam jajaran miliarder.

Richard Branson

Photo source: @richardbranson

Pengusaha lainnya yang dikenal oleh dunia adalah Sir Richard Branson. Namun, siapa tahu bahwa sebenarnya ia mengidap diseleksia dan harus drop-out dari sekolah saat 16 tahun? Walaupun begitu, Branson tetap melanjutkan hidup dengan membentuk usaha pertama miliknya, sebuah mail-order record retailer bernama Student Magazine. Bisnis inilah yang kemudian berkembang menjadi toko dan label musik Virgin Records.

Francois Pinault

Photo source: commons.wikimedia.org

Kamu pasti tidak asing ketika mendengar merek Gucci, Samsonite, dan Puma. Ketiga merek tersebut adalah beberapa merek yang diciptakan oleh Francois Pinault, orang kelima terkaya di Prancis. Walau sukses dalam dunia bisnis, ternyata Francois pernah drop-out dari sekolahnya pada tahun 1974 karena selalu diejek “miskin” oleh teman-temannya. Well, who’s laughing now?

Amancio Ortega

Photo source: @amancioortegagaona

Brand fashion terkenal lainnya, Zara, juga ternyata diciptakan oleh seseorang yang putus sekolah. Saat berusia sekitar 14 tahun, Amancio Ortego memutuskan untuk berhenti sekolah dan memulai bisnis toko-toko lokal. Di tahun 1975, Ia menciptakan Zara yang kemudian menjadi “kaisar” dunia mode global. Hari ini, Ortega adalah orang terkaya di Spanyol dengan kekayaan bersih senilai USD74 miliar.

Henry Ford

Photo source: commons.wikimedia.org

Sebelum namanya melejit dan sukses setelah membuat sebuah mobil di tahun 1896, Henry Ford hanyalah anak magang di bengkel mesin yang kemudian menjadi Chief Engineer di Edison Iluminating Company. Uniknya, ia tidak pernah mengenyam pendidikan formal dalam sains.

 

Leave a Reply