Fakta Mengerikan Tentang Limbah Plastik

Mendengar kata limbah tentu kamu tidak akan memiliki gambaran yang baik. Tidak hanya tidak sedap dipandang, limbah juga memiliki efek mengerikan terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Apa saja bahayanya? Berikut beberapa fakta mengerikan tentang limbah plastik yang perlu kamu tahu.

 

Waktu Urainya 1000 Tahun!

Untuk memproduksi kebutuhan satu tahun plastik di dunia, kurang lebih dibutuhkan 175 juta barel minyak bumi. Yang mengerikan adalah karena hal ini sama halnya dengan konsumsi 1 juta mobil. Hal ini pun tidak sebanding dengan waktu urainya yang membutuhkan 1 milenium atau 1000 tahun lamanya. Karena itu ada baiknya jika kamu tidak membuang sampah sembarangan, terutama bila ada tempat sampah yang dipilah sesuai jenisnya. Di beberapa negara, termasuk Indonesia sebenarnya sudah diterapkan tempat sampah yang dipilah. Namun kamu pasti masih sering melihat jika tak banyak orang yang tidak memperhatikan hal tersebut. Alih-alih membuang sampah di tempat yang sesuai, tempat sampahnya saja kadang dirusak atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Duh…

 

Menyebabkan Kematian

Ketika kamu membuang sampah sembarangan di kebun binatang, bukan tidak mungkin sampah tersebut akan termakan oleh binatang di sekitarnya. Buktinya, ada binatang meninggal di kebun binatang yang setelah dibuka isi perutnya, ditemukan berbagai jenis sampah tak terurai yang merusak sistem pencernaannya. Hal ini tentunya berlaku untuk mayoritas binatang yang hidup di sekitar pemukiman manusia. Tidak hanya binatang kecil saja, binatang pemakan rumput pun bisa memakan plastik-plastik atau sampah lain dan mengakibatkan kematian. Masih mau membuang sampah sembarangan? Kamu bisa saja membunuh binatang yang tak bersalah, lho.

 

Produksi Tinggi di Negara Sendiri

Sebuah kiriman dibagikan oleh @anthonydempsey pada

Ketika negara-negara lain berlomba untuk mendisiplinkan diri dalam soal sampah, Indonesia sendiri memproduksi kurang lebih 300 juta ton sampah yang berpotensi tinggi untuk merusak lingkungan. Hal ini sangat berbeda dengan berbagai negara maju yang menekan jumlah sampah mereka. Memang jumlah penduduk sangat mempengaruhi produksi sampah, namun bila penduduk tersebut sadar akan bahayanya, pastinya jumlah sampah bisa ditekan lebih dalam lagi. Sampah plastik yang tak terurai juga mampu mengganggu kesehatan dari banyak makhluk hidup, apalagi bila sampah tersebut ditimbun terlalu lama atau dibuang dengan mudahnya di tempat yang seharusnya tidak menjadi tempat pembuangan sampah seperti sungai.

 

Pembakaran yang Mengerikan

Salah satu cara untuk memusnahkan sampah plastik dengan “mudah” adalah dengan cara membakarnya. Namun hal ini juga tidak bisa dikatakan solusi tepat karena hasil pembakaran yang tidak sempurna dari plastik mampu menghasilkan dioksin yang menganggu kesehatan manusia karena dapat memicu kanker dan gangguan syaraf. Selain itu, sampah plastik yang dibakar juga akan menghasilkan karsinogen di udara yang mampu merusak badan manusia ketika terhirup.

Merusak Bawah Laut

Tahukah kamu bahwa salah satu kerusakan bioma bawah laut disebabkan oleh banyaknya limbah di dalam sana? Mungkin kamu tidak sadar, namun ketika kamu membuang sampah tak terurari di bawah laut, zat-zat di dalamnya tentu akan berakibat buruk kepada para binatang dan kehidupan yang ada di bawah sana.

Leave a Reply