Festival Jazz di Indonesia yang Harus Kamu Datangi

Banyak yang bilang kalau penggemar musik jazz adalah orang yang memiliki taste yang bagus. Musik yang pertama kali dipopulerkan di New Orleans, Amerika Serikat oleh kalangan Afrika-Amerika ini memiliki alunan yang seksi dengan lagu-lagunya yang biasanya memiliki nuansa romanti. Tidak heran kalau musik jazz sering diputar di restoran mewah atau saat kamu sedang mengadakan candle light dinner. Musik jazz di Indonesia sendiri sudah disukai oleh banyak kalangan, sehingga di Indonesia acara musik jazz bisa dibilang cukup beragam. Mau tahu apa saja acaranya?

Jazz Gunung

Nama Jazz Gunung seharusnya sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar jazz. Bertempat di daerah Bromo, Jawa Timur, banyak kelebihan dari Jazz Gunung yang membuat acara ini begitu menarik. Acara musik yang pertama kali dibuat pada tahun 2009 ini digagas oleh seniman kawakan Indonesia yakni Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto. Nama Jazz Gunung diambil karena memang festival ini diadakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Amfiteater Jiwa Jawa Resort Bromo menjadi lokasi yang sangat cocok untuk acara musik di gunung ini, selain penonton bisa mendengarkan alunan jazz dari musisi kelas atas mereka juga bisa menikmati keindahan gunung Bromo yang tiada duanya.

Jazz Atas Awan

Sepertinya memang festival jazz di Indonesia punya tempat-tempat yang unik untuk menjadi venue-nya. Setelah Jazz Gunung, kita kini memiliki Jazz Atas Awan yang juga diselenggarakan di alam pegunungan. Acara yang termasuk ke dalam Festival Budaya Dieng ini memang tidak memiliki skala sebesar Jazz Gunung, tetapi kamu akan bisa menikmati acara budaya lainnya seperti ritual potong rambut gimbal setelah mendengarkan musik jazz yang menyenangkan telingamu.

Ijen Summer Jazz

Sepertinya memang gunung dan jazz adalah sebuah kesatuan yang begitu cocok sehingga lagi-lagi Indonesia memiliki festival musik jazz yang diselenggarakan di daerah gunung. Pertama kali diadakan di tahun 2016, Ijen Summer Jazz diadakan tiga kali dalam setahun, yakni pada bulan Juli, September dan Oktober. Fesitval ini juga dilaksanakan di lokasi yang mirip dengan Jazz Gunung, yakni Jiwa Jawa Resort Ijen di Banyuwangi. Tidak heran, karena operator festival jazz ini sama dengan yang membuat Jazz Gunung. Sayangnya, festival dengan pemandangan berbagai gunung seperti Merapi, Raung, Ranti dan Suket ini hanya bisa didatangi oleh 300 orang saja.

Jakarta Jazz Festival

Festival ini adalah salah satu festival jazz internasional yang cukup populer di Indonesia. Sudah dilaksanakan sejak tahun 2005 dan banyak sekali musisi jazz internasional yang tampil di acara ini. Meskipun labelnya adalah festival jazz, tetapi acara ini juga tidak jarang menampilkan rona musik lain seperti R&B atau Soul and Reggae. Festival musik jazz ini juga pernah memecahkan rekor MURI pada tahun 2010 dengan menghadirkan 1300 musisi dalam 21 panggung. Salah satu festival musik yang sayang untuk dilewatkan, karena kamu juga bisa melihat kolaborsi-kolaborasi musisi Indonesia dengan musisi luar di acara ini.

Leave a Reply