Fun Facts About Bandung

Apa yang muncul dalam pikiran Anda ketika mendengar kata Bandung? Pusat fashion dan hawa sejuk mungkin menjadi hal yang paling banyak disebut. But Bandung is much more than that. Terlebih, kini ada cukup banyak fasilitas baru yang dibangun oleh pemerintah sebagai tempat bagi penduduk untuk menyalurkan kreativitas. Sebelum berangkat ke Bandung, ada hal-hal menarik yang perlu Anda ketahui agar pengetahuan Anda tidak kalah dengan penduduk di sana.

Bioskop Pertama di Indonesia

1. Bioskop Pertama di Indonesia

Photo Credit: spooninc.net

Jangan mengaku sebagai seorang movie-goers apabila Anda belum pernah mengunjungi Bandung. Kota Kembang satu ini memegang peran yang sangat penting dalam industri film tanah air, mengingat bahwa bioskop pertama di Indonesia dibangun di sini, yakni pada tahun 1926. Saat itu, film pertama yang diputar adalah Lutung Kasarung, dilanjutkan dengan film berjudul Eulis Acih yang tayang pada satu tahun kemudian. Bahkan hingga kini, Bandung masih menjadi kota yang sangat dipertimbangkan dalam industri film. Di kota inilah Blitz Megaplex Paris Van Java, bioskop terbesar di Indonesia, didirikan. Pengalaman menonton pun akan terasa semakin menyenangkan.

Mitos Kebun Binatang Sebelah ITB

2. Mitos Kebun Binatang Sebelah ITB

Photo Credit: 3.bp.blogspot.com

Anda pasti tahu bahwa Bandung merupakan rumah dari salah satu kampus negeri terbaik di Indonesia, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB). Kecuali orang Bandung asli, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa terdapat Kebun Binatang Bandung yang letaknya persis di sebelah ITB. Menariknya, mayoritas mahasiswa ITB menolak untuk mengunjungi tempat tersebut karena adanya mitos yang mengatakan bahwa mahasiswa yang pernah ke sana pasti lulus kuliahnya akan tertunda. Tidak jelas mitos tersebut berasal dari mana, namun cukup banyak mahasiswa ITB yang mempercayainya, terutama kalangan mahasiswa tingkat awal.

Sejarah Perjuangan Bandung Lautan Api

3. Sejarah Perjuangan Bandung Lautan Api

Photo Credit: static.panoramio.com

Sama seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, Bandung juga memiliki sejarah perjuangan kemerdekaannya sendiri. Pada tanggal 23 Maret 1946, terjadi peristiwa kebakaran besar di Bandung. Sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka dan hijrah menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah tentara sekutu dalam menggunakan kota Bandung sebagai markas militer mereka. Untuk mengingat peristiwa tersebut, Monumen Bandung Lautan Api pun dibangun di pusat kota, tepatnya di kawasan lapangan Tegallega. Monumen ini menjadi salah satu ikon bersejarah di kota Bandung.

Pusat Obat Medis di Dunia

4. Pusat Obat Medis di Dunia

Photo Credit: static.panoramic.com

Siapa yang menyangka bahwa selain kota kreatif, Bandung juga memiliki peran yang begitu penting terhadap industri medis internasional? Bandung merupakan tempat produksi obat untuk penyakit hepatitis dan rabies yang nantinya akan disalurkan ke berbagai penjuru dunia. Bisa Anda bayangkan, bukan, betapa pentingnya peranan Bandung dalam memajukan bidang kesehatan? Jika tertarik, Anda dapat mengunjungi daerah Pasteur karena di sanalah pabrik tempat produksi vaksi hepatitis dan rabies berada.

Legenda Romeo dan Juliet Lokal

5. Legenda Romeo dan Juliet Lokal

Photo Credit: klikhotel.com

Setiap daerah di Indonesia sepertinya tidak terlepas dari legenda yang menyertainya, begitu juga dengan Bandung. Di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, terdapat sebuah danau bernama Situ Patenggang yang konon terbentuk dari air mata Dewi Rengganis dan Ki Santang. Penduduk Bandung menyebut mereka sebagai Romeo dan Juliet versi lokal. Kisah cinta yang berat membuat mereka harus terpisah lama sebelum akhirnya kembali bertemu di atas sebuah batu, yang dinamai sebagai Batu Cinta. Terlepas dari mitos tersebut, Situ Patenggang memang memiliki suasana yang tenang dan hawa yang sejuk, cocok dikunjungi jika Anda ingin melepaskan diri dari penat.

Bandung Tour on Bus

6. Bandung Tour on Bus

Photo Credit: infobdg.com

Banyaknya destinasi wisata di Bandung terkadang membuat pengunjung merasa bingung harus memulai perjalanan dari mana. Mengapa tidak mengendarai Bandung Tour on Bus saja? Lebih dikenal dengan sebutan Bandros, bus tingkat ini disediakan oleh pemerintah kota Bandung bagi wisatawan yang hendak mengelilingi Paris van Java tersebut. Asyiknya lagi, Anda tidak akan dipungut biaya apapun jika tertarik mengendarainya. Dengan kapasitas sekitar tiga puluh orang, Bandros terdiri dari dua lantai dengan area balkon yang bisa Anda gunakan untuk menikmati kota Bandung secara lebih leluasa.

Kini, Anda sudah lebih siap untuk traveling ke kota Bandung. Jangan segan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal agar saat pulang nanti, pengetahuan Anda tentang kota Bandung pun akan bertambah. Jadi, saat kembali ke Bandung lagi, Anda dapat menjalani traveling dengan sudut pandang penduduk lokal yang lebih mendalam daripada sebelumnya.

Leave a Reply