Kegiatan Pacaran di Makassar : Hunting Kuliner Rasa Luar Biasa!

SONY DSC
Photo Credit: royco.co.id

Tidak afdol rasanya melakukan traveling tanpa mengicipi kuliner khas yang ada di tempat tujuan kamu. Indonesia bisa menjadi destinasi wisata kuliner yang oke banget! Salah satu kota yang wajib kamu kunjungi adalah Makassar. Di sana, kamu bisa menemukan seabrek kuliner khas Makassar yang dijamin akan bikin ketagihan. Beberapa di antaranya bisa kamu lihat di bawah ini.

Sop Konro dan Konro Bakar

1-sop-konro-dan-konro-bakar

Photo Credit: umiresep.com

Kuliner satu ini mungkin juga dijual di kota tempat tinggal kamu, tapi yang asli cuma ada di Makassar. Sop Konro dibuat dari daging sapi pilihan dan dicampur dengan kuah sup, sedangkan daging sapi pada konro bakar diolah dengan racikan bumbu kacang. Ada cukup banyak sop konro dan konro bakar yang bisa kamu temukan di Makassar, tetapi salah satu yang paling lezat dan terkenal adalah “Sop Konro dan Konro Bakar Karebosi”. Lokasinya berada di Jalan Gunung Lompobattang, tepatnya di belakang Gedung Bank Indonesia. Harga per porsinya adalah Rp 38.000 untuk konro bakar dan Rp 35.000 untuk sop konro.

Mie Titi

2-mie-titi

Photo Credit: panduanwisata.id

Di Makassar, kamu juga bisa menikmati kuliner berbentuk mi kering khas Tiongkok bernama Mie Titi. Mi yang kering setelah digoreng tersebut disiram kuah kental yang berisi adonan telur dan sayuran-sayuran hijau. Ada pula tambahan lauk berupa potongan udang dan daging ayam. Harga satu porsi Mie Titi hanya Rp 18.000. Ramah banget dengan kantong kamu, kan? Kalau tertarik mencicipi Mie Titi di Makassar kamu bisa langsung mengunjungi beberapa rumah makan seperti yang ada di Jalan Irian, Jalan Boulevard, Jalan Datumuseng, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Bumi Tamalanrea Permai.

Palumara

3-palumara

Photo Credit: cookpad.com

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti sudah tidak asing dengan gulai kepala ikan ya. Nah, Makassar ternyata memiliki gulai kepala ikan versinya sendiri, yang disebut dengan Palumara. Salah satu restoran yang terkenal dengan kelezatan Palumaranya adalah Ulu Juku, yang memiliki arti “kepala ikan” dalam Bahasa Makassar. Kepala ikan dalam Palumara biasanya disajikan dalam bentuk terbelah menjadi tiga bagian, lalu disiram dengan kuah santan berwarna kekuningan yang memiliki sentuhan rasa asam. Kamu pasti puas banget menyesapi rasa gurih yang tertinggal di setiap bagian kepala ikannya.

Sop Saudara

4-sop-saudaraPhoto Credit: dapoeryuyu.com

Sekilas, penyajian Sop Saudara bakal bikin kamu teringat dengan soto karena warna kuahnya yang kekuningan. Semangkuk Sop Saudara berisi potongan daging sapi, bihun, dan adonan kentang yang disiram dengan kuah sedap. Sebenarnya, ada beberapa sop serupa yang dijual di Makassar, tetapi Sop Saudara selalu menjadi rujukan untuk para pecinta kuliner. Sudah berdiri sejak tahun 1970-an, Sop Saudara terletak di Jalan Irian, tidak jauh dari Pasar Sentral Makassar. Harga semangkuk Sop Saudara hanya mencapai Rp 15.000, belum termasuk nasi putih seharga Rp 3.000.

Coto Makassar

5-coto-makassar

Photo Credit: merahputih.com

Kegiatan traveling ke Makassar tidak akan lengkap sebelum kamu mencicipi Coto Makassar! Kamu tidak akan kesulitan menemukan kuliner satu ini karena kabarnya warung yang menjual Coto Makassar sudah mencapai ratusan. Meski begitu, salah satu yang paling diunggulkan adalah Coto Makassar di Jalan Nusantara, atau yang dikenal sebagai Coto Nusantara. Lokasinya persis berada di depan Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Makassar. Kamu juga bisa menemukan warung coto tersebut di cabang Jalan Merpati, tepatnya di belakang Bank Sulsel. Semangkuk Coto Nusantara berisi potongan daging sapi dihargai sebesar Rp 15.000. Kelezatannya akan bertambah kalau kamu memakan Coto Makassar dengan ketupat atau buras.

 

Sudah tergoda untuk segera mencicipi berbagai kuliner khas Makassar tersebut? Kalau mau membawa oleh-oleh kuliner khas Makassar, kamu bisa membeli kudapan bernama Jalankote Lasinrang yang mirip dengan kue pastel. Membayangkannya saja sudah bisa membuat lapar!

Leave a Reply