Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Berlibur di Waktu Long Weekend

travel-mistakes-01

Long weekend tentunya merupakan saat yang ditunggu-tunggu bagi Travellers. Moment weekend yang lebih panjang dibanding biasanya membuat saat-saat ini sangat dicari untuk merencanakan liburan. Namun, ternyata masih banyak kesalahan yang dapat terjadi dan membuat liburan Travellers jadi tidak menyenangkan. Berikut kesalahan yang paling sering terjadi dan harus dihindari.

Penginapan Jauh Dari Keramaian

11-ridiculous-hotels-in-the-middle-of-nowhere

Ada banyak penginapan yang menyediakan akomodasi murah dengan fasilitas mumpuni. Namun, Travellers harus mencari tahu terlebih dahulu lokasi penginapan tersebut sebelum memutuskan untuk memesan kamar. Kebanyakan penginapan murah memiliki lokasi yang jauh dari pusat keramaian dan sulit dijangkau oleh transportasi umum. Hal ini dapat merusak liburan Travellers karena Travellers pasti tidak ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati fasilitas hotel saja, bukan?

Masa Berlaku Passport (Hampir) Habis

50f4cd9c642f6.preview-620

Jauh-jauh hari sebelum berangkat liburan keluar negeri, periksalah masa berlaku passport. Pastikan  masa berlaku passport Travellers saat kembali kembali ke tanah air sekurang-kurangnya tersisa enam bulan. Banyak negara, seperti Singapura dan Malaysia tidak mengijinkan turis masuk ke negara mereka dengan masa berlaku passport kurang dari enam bulan. Untuk menghindari kerepotan yang mungkin terjadi oleh pihak imigrasi yang dapat merusak rencana liburan Travellers, pastikan passport Travellers aman utuk digunakan berlibur.

Overpacking

download

Kadang karena terlalu excited, kita membawa berbagai macam barang yang tidak diperlukan. Overpacking hanya akan menambah beban liburan Travellers karena harus membawa-bawa barang bawaan yang berat. Selain itu, beberapa sarana transportasi seperti pesawat memiliki peraturan berat bawaan bagasi dan besar barang bawaan yang ditaruh di kabin.  Jangan sampai barang bawaan Travellers melebihi kapasitas yang diijinkan karena selain merepotkan, Travellers akan ditagih tambahan biaya untuk menangkutnya.

Kehabisan Uang

numbers-money-calculating-calculation-large

Saat berlibur seringkali Travellers dibebani oleh keharusan membeli oleh-oleh. Seringkali saat berbelaja, justru Travellers jadi terlalu banyak membeli barang dan tidak memikirkan budget sehingga kemungkinan terburuk adalah kehabisan uang sebelum liburan berakhir. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Travellers membuat daftar orang-orang yag akan diberikan oleh-oleh dan budgetnya. Selain itu, bila Travellers ingin membeli sesuatu yang berharga mahal, tunggu hingga saat-saat akhir liburan. Bila masih ada uang yang tersisa yang dapat dialokasikan untuk membeli barang tersebut barulah Travellers bisa membelanjakan uang untuk barang tersebut.

Ekspetasi Terlalu Tinggi

blank sign

Saat berlibur memang biasanya kita banyak mengkhayalkan tentang liburan yang akan dijalani. Tapi sebaiknya jangan pernah berekspektasi terlalu tinggi. Kadang, karena ekspektasi dan imajinasi terlalu tinggi yang tidak sesuai dengan kenyataan, kita tidak lagi bersemangat menjalani liburan.

Leave a Reply