Kuliner Indonesia Khas Bulan Ramadan

Header

 Photo Credit: 3.bp.blogspot.com

Ramadan is coming! Bagi umat muslim, Ramadan merupakan bulan istimewa yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu. Meskipun harus berpuasa seharian, menu buka puasa yang lezat sepertinya sanggup untuk membuat Anda kuat menahan haus dan lapar. Di Indonesia, kita memiliki beberapa menu kuliner yang menariknya hanya sering muncul saat Ramadan saja. Bisa dibayangkan, bukan, betapa spesialnya kuliner-kuliner tersebut? Beberapa di antaranya bisa Anda temukan di bawah ini.

Kolak

1. Kolak

Photo Credit: videoresep.files.wordpress.com

Menu kuliner satu ini mungkin masih cukup sering ditemukan di luar Ramadan, namun tidak lengkap rasanya jika melewati bulan puasa tanpa sekalipun berbuka dengan kolak. Kolak terbuat dari bahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren. Meskipun tidak identik dengan daerah tertentu, konon kolak yang paling dikenal berasal dari Bandung. Selain pisang atau ubi jalar yang menjadi bahan dasar mayoritas, beberapa orang Indonesia juga suka mencampurkan kolang-kaling dan labu kuning ke dalam kolak mereka. Mau disajikan secara dingin atau hangat, kolak memang merupakan menu yang pas untuk buka puasa.

Sate Susu

2. Sate Susu

Photo Credit: kotakami.com

Jangan membayangkan kuliner satu ini sebagai sate yang disiram dengan susu. Merupakan kuliner khas Bali, sate susu terbuat dari bagian payudara sapi. Berbeda dari kebanyakan sate yang biasa Anda temui, sate susu disiram dengan sambal plecing khas Bali. Harganya pun cukup murah, sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000 untuk sepuluh tusuknya. Karena bahan pokoknya tersebut, masyarakat Bali percaya bahwa mengonsumsi sate susu dapat meningkatkan stamina Anda, sama halnya jika Anda meminum susu. Cocok sekali disantap saat berbuka puasa, sehingga tenaga yang hilang karena puasa dapat kembali muncul.

Kicak

SONY DSC

Jika berkunjung ke Yogyakarta saat bulan Ramadan, Anda akan bertemu dengan kicak, terutama di kawasan Kauman yang merupakan asal kuliner ini dibuat. Pada zaman dulu, kicak dibuat dari singkong yang diparut, namun kini mayoritas kicak terbuat dari bahan dasar beras ketan. Setelah ditanak, beras ketan akan dihaluskan hingga mirip seperti makanan jadah atau gemblong. Beras ketan tersebut lalu dicampur dengan parutan kelapa dan ditambahkan buah nangka sebagai pelengkapnya. Karena perpaduan tersebut, kicak memiliki aroma wangi dan rasa manis yang sangat khas, apalagi penyajiannya dibungkus menggunakan daun pisang.

Mie Glosor

Pekerja membuat mie glosor di industri rumahan, Jalan Pancasan Baru, Pasir Jaya, Kota Bogor, Jabar, Rabu (2/7). Produksi mie glosor sebagai makanan untuk berbuka puasa mengalami lonjakan permintaan dari biasanya 2 ton per hari menjadi 12 ton per hari. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/Asf/ama/14.
Photo Credit: beritadaerah.co.id

Bagi orang Bogor, bulan Ramadan identik dengan mie glosor sebagai kuliner khas untuk berbuka puasa. Sekilas, mie glosor memang mirip dengan mie berwarna kuning yang cukup sering Anda jumpai. Bedanya, apabila mie kuning biasa terbuat dari tepung terigu, maka mie glosor menggunakan adonan tepung sagu atau aci sebagai bahan dasarnya. Sedangkan, warna kuning pada mie glosor didapatkan dari kunyit. Mie glosor dimasak dengan sayuran kol yang dipotong kecil-kecil, lalu ditumis dengan bumbu-bumbu lain. Tidak ketinggalan sambal kecang pedas yang diguyurkan di atas mie. Dulu, mie glosor banyak dijual sebagai jajanan biasa, namun seiring berjalannya waktu, mie glosor kini lebih sering ditemukan saat Ramadan saja.

Pakat Rotan

Seorang pedagang memotong batang rotan (Pakat) yang sudah dibakar di Jalan Letda Sudjono Medan, Sumut, Kamis (3/8). Pakat yang merupakan makanan khas Batak Mandailing tersebut, biasanya dijual pada bulan Ramadan dengan harga Rp 2 ribu perbatangnya sebagai penambah nafsu makan di saat santap sahur dan berbuka puasa. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/ss/nz/14
Photo Credit: beritadaerah.co.id

Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini terbuat dari rotan. Jangan khawatir, rotan yang dipakai berbeda dari rotan pada berbagai anyaman, yakni rotan muda. Rotan muda tersebut dipotong kecil-kecil, sekitar 1 cm, untuk kemudian dibakar di atas tungku selama kurang lebih satu jam. Setelah matang, rotan muda akan dikupas dan diambil bagian daging dalamnya yang berwarna putih. Daging tersebut dipotong-potong kembali sebelum ditambahkan dengan santan dan kelapa. Harga yang dipatok cukup variatif, antara Rp 8.000 – Rp 9.000, tergantung dari ukuran batang rotan yang dijual. Apabila tertarik untuk mencoba pakat rotan sebagai menu buka puasa, Anda harus terbang ke kota Medan karena kabarnya kuliner ini hanya tersedia di sana.

Kini, Anda tidak perlu bingung lagi menentukan menu buka puasa saat Ramadan nanti. Kelima menu kuliner Indonesia di atas siap menemani Anda dan keluarga ketika berbuka puasa. Atau mungkin ada di antara Anda yang sudah pernah mencoba salah satu dari kuliner di atas? Anda dapat berbagi pengalaman kuliner Anda bersama kami!

6 thoughts on “Kuliner Indonesia Khas Bulan Ramadan

  1. Does your site have a contact page? I’m having problems locating it
    but, I’d like to send you an e-mail. I’ve got some creative ideas for
    your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it grow over time.

  2. Howdy, i read your blog site occasionally and i also own a similar one and i also was only wondering
    if you get a lot of spam remarks? If how do you control it, any plugin or anything
    you can recommend? I have a whole lot lately it’s
    driving me crazy so any assistance is incredibly much appreciated.

  3. Howdy I am so happy I found your blog page, I really found you
    by mistake, while I was researching on Google for something else, Anyhow I am here now and would just like to say thanks a lot for a marvelous post and
    a all round thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t
    have time to go through it all at the moment but I have saved it
    and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back
    to read a lot more, Please do keep up the awesome job.

  4. whoah this weblog is fantastic i love reading your articles.
    Stay up the good work! You recognize, a lot of persons are hunting around
    for this info, you could help them greatly.

Leave a Reply