Kuliner Malaysia yang Bisa Dipastikan Tidak Ada di Indonesia

Photo header credit: penang.ws

Saat berwisata, hal yang wajib dilakukan bukan hanya berkunjung ke tempat wisata paling terkenal di daerah tersebut, melainkan juga menikmati kuliner khasnya. Pasalnya, menikmati kuliner khas sama saja dengan mempelajari budaya tempat tersebut. Dengan makanan, kamu bisa mengenal lebih dekat lokasi liburan kamu saat ini.

Hal itu juga terjadi ketika kamu berlibur di Malaysia. Di negara serumpun Indonesia ini, kamu bisa menikmati banyak kuliner dengan cita rasa yang luar biasa. Lalu, kuliner Malaysia apa saja yang wajib kamu coba? Berikut ini daftarnya.

Nasi Lemak

01

Photo credit: angsarap.net

Makanan yang satu ini merupakan kuliner nasional masyarakat Malaysia. Nasi pada Nasi Lemak tidak dimasak dengan air seperti nasi pada umumnya, melainkan dengan santan dan daun pandan. Umumnya, Nasi Lemak disajikan di atas daun pisang dengan ikan bilis goreng, sambal, telur rebus, dan kacang goreng. Tak jarang Nasi Lemak juga dilengkapi dengan ayam goreng sebagai lauk tambahan.

Laksa

02

Photo credit: Malaysia.com

Di daerah Sumatera, Aceh khususnya, terdapat masakan bernama Laksa. Menariknya, di Malaysia juga punya Laksa. Sedikit berbeda dengan Laksa yang ada di Aceh, di Malaysia ada yang disebut sebagai Assam Laksa, jenis laksa yang bercitarasa asam. Kuahnya terbuat dari kaldu ikan dan disiramkan di atas mi. Ada juga laksa khas Sarawak yang menggunakan santan dan mi bihun. Sebagai pelengkap, ada tauge, potongan ayam, udang, serta telur dadar.

Nasi Kandar

03

Photo credit: vkeong.com

Masakan yang satu ini adalah kuliner favorit di kawasan Malaysia Utara, khususnya Penang. Sekilas, kuliner ini mirip seperti Nasi Padang yang ada di Sumatera Barat. Pilihan lauknya juga beragam, mulai dari cumi goreng, daging sapi, daging kambing, jerohan, ayam goreng, dan lain sebagainya. Yang menarik, kamu juga bisa memilih jenis kari yang kamu suka. Tak perlu jauh-jauh ke Penang, di Kuala Lumpur juga ada restoran nasi kandar terkenal yang bernama Nasi Kandar Pelita.

Nasi Daun Pisang

04

Photo credit: pingganlicin.wordpress.com

Bisa dibilang bahwa kuliner yang satu ini merupakan kuliner gabungan antara budaya Malaysia dan India. Bila di Indonesia nasi daun pisang dibungkus dengan daun pisang, di Malaysia Nasi Daun Pisang menggunakan daun pisang sebagai alas yang dibentangkan. Di atas daun, terdapat nasi putih dengan bumbu kare, rendang ayam, ikan goreng, hingga beragam sayuran lain. Sering kali sambal matah yang berbahan dasar bawang merah digunakan sebagai pelengkap kuliner khas Malaysia ini.

Nasi Ayam

05

Photo credit: keyword-suggestion.com

Menu yang satu ini rasanya merupakan menu sehat yang wajib kamu coba ketika berlibur di Malaysia. Pasalnya, kuliner ini dibuat dengan cara dikukus, bukan digoreng, sehingga kandungan lemaknya tidak terlalu besar. Nasi yang menjadi bahan utama dimasak dengan bawang putih, jahe, serta kaldu ayam sehingga cita rasanya cukup gurih. Di atasnya terdapat ayam kukus yang dipotong-potong memanjang.

Roti Jala

06

Photo credit daworldfoodrecipes.blogspot.com

Di Indonesia mungkin kamu tidak akan pernah menemukan makanan ini. Roti jala adalah sejenis kudapan yang berbentuk seperti crepes namun berlubang-lubang mirip dengan jala para nelayan. Adonannya merupakan campuran tepung dengan kunyit dan santan. Roti ini sangat nikmat apabila dicampur dengan gula halus, gula kayu manis, atau sekedar mengoleskannya dengan selai cokelat. Di makan dengan kuah kari juga cukup enak karena rasanya yang netral.

 

Itulah beberapa kuliner Malaysia yang wajib kamu coba ketika berkunjung di sana. Lalu, masihkah kamu mengabaikan nikmatnya berburu kuliner di negara lain?

Leave a Reply