Liburan Panjang untuk Anda yang Tidak Lebaran

Header

Header Photo Credit: putubalidriverdotcom.files.wordpress.com

Lebaran memang hanya dirayakan oleh umat muslim, namun bukan berarti Anda yang non muslim tidak dapat ikut menikmatinya. Biasanya, ketika lebaran, institusi perusahaan dan sekolah akan memberikan waktu libur yang cukup panjang. Sementara mayoritas umat islam pergi mudik ke kampung halaman, Anda dapat memanfaatkan waktu liburan panjang tersebut untuk traveling ke beberapa destinasi berikut ini.

Bali

1. Bali
Photo Credit: static.asiawebdirect.com
Pulau satu ini sepertinya tidak pernah membosankan untuk berulang kali dikunjungi, ya? Rasanya selalu ada area-area yang minta dieksplor lagi dan lagi. Bali memang menjadi destinasi yang cocok dikunjungi kapan saja, baik musik liburan maupun tidak. Ada banyak pantai yang dapat Anda kunjungi, mulai dari yang populer seperti Pantai Kuta hingga Pantai Bias Tugel di kawasan Bali Timur yang belum banyak diketahui orang. Bagi yang sedang ingin menjauh dari keriuhan pantai, Anda dapat melipir ke Ubud untuk menikmati pemandangan alamnya yang asri sambil bersepeda. Jangan lupa mampir ke Pasar Seni Ubud untuk membeli oleh-oleh pernak-pernik tradisional Bali dengan harga miring.

Lombok

2. Gili Trawangan
Photo Credit: giligilifastboat.com
Tidak kalah dari Bali, Lombok juga punya banyak pantai cantik. Salah satu yang paling terkenal dan mungkin sudah sering Anda dengar adalah Gili Trawangan. Hanya butuh waktu sekitar 45 menit untuk menyeberang dari Lombok menuju tempat tersebut. Kondisi Gili Trawangan benar-benar syahdu dan alami karena kendaraan bermotor dilarang beroperasi di pulau tersebut. Anda dapat menjelajahi pulau dengan berjalan kaki atau bersepeda, yang hanya akan menghabiskan satu hingga dua jam saja. Ada pula cidomo, sejenis kereta kuda khas Lombok, yang bisa Anda sewa untuk mengantarkan Anda berkeliling Gili Trawangan. Usahakan untuk kembali sebelum senja karena Gili Trawangan menawarkan pemandangan sunset yang sangat cantik.

Belitung

3. Belitung
Photo Credit: bisnistravelbelitung.files.wordpress.com
Masih ingat dengan film Laskar Pelangi? Di Belitung lah film tersebut berlokasi. Belitung merupakan sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Meskipun ukurannya cenderung kecil, namun pesona pemandangan yang ditawarkan tidak kalah dengan Bali dan Lombok. Tidak salah jika Pulau Belitung menjadi terkenal sejak adanya film Laskar Pelangi. Anda tentu masih ingat salah satu adegan dalam film ketika para tokoh utama bermain di sebuah pantai yang memiliki batau-batu granit besar. Lokasi tersebut bernama Pulau Lengkuas, lengkap dengan mercusuarnya yang menjadi salah satu ikon Belitung. Saat traveling ke Belitung, Anda dapat sekaligus melakukan napak tilas ke tempat-tempat yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Bandung

4. Bandung
Photo Credit: c1staticflickr.com
Bosan dengan suasana pantai? Bandung dapat menjadi salah satu destinasi liburan yang tepat, terutama bagi Anda yang memiliki hobi shopping, mengingat terdapat banyak factory outlet di kota kembang tersebut. Anak-anak pasti juga akan senang diajak ke Trans Studio, sebuah taman rekreasi indoor yang juga bersebelahan dengan Trans Mall. Bandung juga memiliki destinasi wisata alam yang seru, yakni Dusun Bambu Leisure Park yang terletak di kaki Gunung Burangrang. Apabila lelah berjalan, Anda dapat bersepeda di jalur yang disediakan. Dusun Bambu Leisure Park bahkan menyediakan perkemahan premium di area Eagle Camp. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berbelanja buah dan sayur di Pasar Khatulistiwa yang masih berada satu komplek dengan Dusun Bambu Leisure Park.

Jakarta

5. Jakarta
Photo Credit: vacationbaliindonesia.com
Kapan lagi menikmati Jakarta dalam kondisi yang benar-benar lengang kalau bukan saat liburan lebaran? Para penduduk Jakarta, yang sebagian besar memang terdiri dari perantau, akan mudik ke kampung halaman masing-masing, menjadikan ruas-ruas jalanan ibu kota terbebas dari macet. Anda dapat menelusuri Jakarta dengan lebih leluasa. Terlebih, masih ada beberapa tujuan wisata yang dibuka meskipun libur lebaran, seperti Kebun Binatang Ragunan, Monumen Nasional, dan Taman Impian Jaya Ancol. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bahkan memberikan pelayanan khusus melalui program yang mereka susun khusus untuk lebaran. Jika ingin berkelana sedikit jauh, Anda dapat mengunjungi Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor.

Agar tidak terburu-buru, siapkan rencana liburan lebaran Anda mulai sekarang. Semoga kelima destinasi di atas dapat memberi Anda inspirasi untuk menentukan tujuan. Jangan lupa untuk melibatkan keluarga dalam merencanakannya, ya. Selamat berlibur!

Leave a Reply