Malaysia VS Thailand, Mending Liburan ke Mana?

Photo Header Credit: rts.com.eg

 

Selain Singapura, Malaysia dan Thailand juga cukup sering menjadi destinasi liburan orang Indonesia. Meski masih sama-sama berada di Asia Tenggara, tentu keduanya memiliki karakter yang berbeda. Banyak yang mengatakan bahwa sebagai destinasi liburan, Malaysia cenderung lebih “tenang” apabila dibandingkan dengan Thailand. Apakan benar begitu?

 

Bangkok VS Kuala Lumpur

1-malaysia-vs-thailand-mending-liburan-ke-mana

Photo Credit: columnbangkok.com

Apabila Indonesia punya Jakarta, maka Thailand dan Malaysia punya Bangkok dan Kuala Lumpur. Di Bangkok lah pusat kegiatan warga Thailand berlangsung, mulai dari sekolah, kerja, kuliner, wisata, hingga politik. Tidak heran kalau Bangkok benar-benar “hidup”. Bahkan beberapa orang berpendapat bahwa Bangkok terasa seperti negara lain apabila dibandingkan dengan kawasan Thailand lainnya.

 

Sementara itu, daya tarik utama Kuala Lumpur terletak pada Menara Petronas mereka. Banyaknya gedung bertingkat dan bagusnya sistem transportasi berbaur dengan lingkungan sekitar yang beragam. Mulai dari Chinatown hingga Littletown memberikan atmosfer yang unik dan berbeda. Beberapa kawasan Kuala Lumpur bahkan masih kental banget dengan unsur-unsur kolonial.

 

Pilihan Wisata

2-pilihan-wisata

Photo Credit: worldfortravel.com

Kalau hobi trekking, Thailand merupakan opsi yang lebih sesuai. Kamu bisa mengunjungi Khao Yai, salah satu taman nasional Thailand, yang nggak terlalu jauh dari Bangkok. Namun, bukan berarti Malaysia tidak memiliki lokasi trekking. Di Malaysia, ada Taman Negara yang merupakan hutan tertua di dunia. Kalau mau lebih menantang, kamu bisa mendaki Gunung Kinabalu setinggin 4.000 meter atau Gunung Gading yang berlokasi di Serawak.

 

Sementara itu, untuk wisata pantai, selama ini Thailand terlihat lebih unggul. Sebut saja Pattaya atau Phuket yang keindahan pantainya tidak perlu dilakukan lagi. Kalau ingin menikmati pantai yang lebih sepi, kamu bisa langsung mengunjungi Koh Tao. Sedangkan, beberapa pantai di Malaysia dilengkapi dengan resort mewah yang akan memanjakan liburanmu. Kalau punya budget yang memadai, kamu bisa langsung ke Palau Tioman atau Pulau Sipadan.

 

Wisata Kuliner

3-wisata-kuliner

Photo Credit: zicasso.com

Berbicara tentang kuliner, tentu semuanya kembali ke selera masing-masing lidah, ya. Nah, makanan di Malaysia amat beragam karena banyaknya etnis yang tingal di sana. Mulai dari makanan Malaysia, India, hingga Tiongkok berkumpul jadi satu. Yang jelas, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk makan nasi lemak dan penang laksa khas Malaysia.

 

Di sisi lain, Thailand kerap disebut sebagai negara dengan kuliner terbaik di dunia. Hal ini nggak terlepas dari beragamnya menu street food yang dijual di sana. Beberapa makanan yang paling banyak digemari adalah mango sticky rice, pad thai, dan tom yum. Harganya pun cukup ramah kantong. Karenanya, tidak mengherankan kalau Thailand dinobatkan sebagai surganya pecinta kuliner.

Jadi, negara mana yang harus kamu tuju untuk liburan nanti? Malaysia atau Thailand? Tentu semua tergantung pada selera dan keinginan kamu. Keduanya sama-sama memiliki keindahan tersendiri yang pasti tidak akan membuatmu menyesal untuk traveling ke sana.

Leave a Reply