Nih Alasan Kenapa Kamu Harus Traveling! Ternyata Bikin Sehat Lho!

0. HeaderPhoto Credit: exploreasheville.com

Masih saja ada banyak orang yang beranggapan bahwa traveling merupakan aktivitas main-main dan bersenang-senang yang hanya menghabiskan banyak uang. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena traveling memang bisa membuat pelakunya merasa senang. Terkait dengan masalah uang, toh uang yang digunakan berasal dari kantong sendiri, so why bother?

Lagi pula, ternyata traveling ternyata tidak sekadar merupakan aktivitas senang-senang. Ada cukup banyak studi yang membuktikan bahwa traveling mampu membuat kamu semakin sehat, baik dari segi fisik, psikis, maupun pikiran.

Badan Semakin Segar dan Bugar

Hikers with backpacks walking through a meadow with lush grass
Photo Credit: modelhealthychoices.com

Manfaat kesehatan satu ini sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Traveling mengharuskan kamu untuk banyak bergerak, mulai dari hanya berjalan mengitari kota destinasi, menyelami lautan, menyusuri hutan, hingga mendaki gunung. Tanpa kamu sadari, aktivitas-aktivitas tersebut sudah membuat kamu lebih banyak bergerak. Otot-otot di dalam tubuh bergerak secara aktif. Pola napas pun menjadi lebih teratur. Terlebih jika kamu traveling ke tempat-tempat yang masih terbebas dari hawa polusi. Menghirup udara sejuknya pasti akan membuat badan kamu terasa lebih segar.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung

sick woman with sudden heart attack symptom
Photo Credit: blog.aarp.org

Meninggal karena serangan jantung bukan hanya ada di sinetron-sinetron Indonesia, lho. Kasus ini benar-benar mungkin terjadi dan sepertinya jumlahnya semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir. Kabar baiknya, kamu bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung dengan pergi traveling. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga Framingham Heart Study di Amerika menunjukkan bahwa orang yang memililih berdiam diri di rumah selama bertahun-tahun lebih rentan terkena serangan jantung dibandingkan orang yang rutin berlibur atau traveling setiap tahun. Hal ini disebabkan oleh fungsi traveling yang mampu membantu kamu untuk melepaskan tekanan dalam hidup.

Berpengaruh pada Kreativitas

3. Berpengaruh pada KreativitasPhoto Credit: daniela-cabrerizo.com

Siapa sangka ternyata traveling juga mampu membantu kamu untuk meningkatkan kreativitas? Saat melakukan traveling ke tempat-tempat baru, kamu dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan yang dikunjungi. Pada keadaan tersebut, meskipun tanpa disadari, kamu akan berpikir untuk menemukan cara-cara tertentu agar bisa bertahan hidup di tempat baru. Proses ini akan membantu kamu untuk menelurkan ide-ide yang kreatif.

Meningkatkan Kinerja Otak

4, Meningkatkan Kinerja OtakPhoto Credit: theodysseyonline.com

Karena dituntut untuk terus memikirkan cara bertahan hidup, tentu otak kamu akan sering bekerja, bukan? Secara otomatis, kinerja otak kamu pun akan meningkat. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Travel Amerika. Mereka menemukan fakta bahwa sebanyak 70% orang yang suka traveling mengaku kinerja otak mereka menjadi lebih baik. Orang-orang ini merasa punya pemikiran yang lebih segar sehingga tidak mudah lupa dan bisa mengontrol emosi dengan lebih baik. Masih dari penelitian yang sama, sebanyak 86% orang yang rutin berlibur ternyata merasakan kehidupan yang lebih berwarna.

Menjaga Kesehatan Psikologis

5. Menjaga Kesehatan PsikologisPhoto Credit: lifehack.org

Kesehatan tubuh bukan hanya tentang fisik, namun juga psikis. Justru sering kali kondisi psikologis inilah yang memicu rasa sakit pada fisik kamu. Misalnya, kamu merasa khawatir terhadap hal tertentu hingga kepikiran berhari-hari dan mengabaikan jadwal makan. Akibatnya, tentu saja kamu jadi jatuh sakit. Nah, traveling bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan psikologis. Sebuah studi menunjukkan bahwa tiga hari setelah liburan, seorang traveller akan merasa lebih rileks dan rasa cemas pun berkurang, sehingga mood bisa jadi lebih baik.

Percaya, kan, bahwa traveling bukan sekadar aktivitas main-main? Selama tidak memaksakan diri, kamu pasti akan menemukan berbagai manfaat dari traveling. Sambil bersenang-senang, kesehatan tubuh kamu juga bisa terus terjaga!

Leave a Reply