Pemandangan Paling Oke dari Puncak Gunung di Indonesia!

00 - cover image

Photo credit: peakery.com

Sebagai negara dengan kekayaan alam yang luar biasa, Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara. Salah satu hal yang sering jadi pilihan lokasi wisata adalah gunung. Di Indonesia, ada ratusan gunung yang dapat dikunjungi untuk menikmati pemandangan sensasional dari atas puncaknya. Kali ini, spesial menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, berikut ini adalah 17 Puncak Gunung Dengan Pemandangan Paling Oke di Indonesia.

Gunung Rinjani

01 - rinjaniPhoto credit: cometolombok.com

Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua setelah Gunung Jayawijaya. Yang jadi favorit disini adalah danau Segara Anak yang luasnya hingga 11 juta meter persegi.

Gunung Semeru

02 - semeru

Photo credit: infowisatakoe.blogspot.com

Gunung Semeru yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang ini sempat jadi lokasi syuting film adaptasi novel berjudul 5cm.

Gunung Puncak Jaya

03 - jaya

Photo credit: thousandwonders.net

Gunung tertinggi di Indonesia ini punya salju abadi di puncaknya. Lokasi ini sekaligus menjadi salah satu dari Seven Summit.

Gunung Gede

Camera 360

Photo credit: tipsbackpackerlio.com

Terletak di ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, Gunung Gede merupakan habitat bagi berbagai jenis satwa liar termasuk anjing hutan, sigung, lutung, dan elang jawa.

Gunung Sindoro

05 - Sindoro

Photo credit: hmytrip123.com

Dengan ketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut, Gunung Sindoro merupakan gunung vulkano yang aktif dan punya keindahan pemandangan puncak yang istimewa.

Gunung Sumbing

06 - sumbing

Photo credit: beatifulindonesia.com

Gunung yang masih aktif ini terletak di sebelah Gunung Sindoro. Karenanya, banyak yang menganggap gunung ini sebagai “kembaran” Gunung Sindoro.

Gunung Ceremai

07 - ceremai

Photo credit: kompasiana.com

Gunung yang berada di tiga kabupaten ini (Cirebon, Kuningan, dan Majalengka) merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut.

Gunung Lawu

08 - lawu

Photo credit: liputan6.com

Puncak tertinggi di Gunung Lawu adalah Puncak Hargo Dumilah. Namun, selain puncak gunungnya, kawah mati yang dinamai Kawah Candradimuka oleh warga sekitar juga jadi salah satu tujuan pendakian populer.

Gunung Tambora

09 - tambora

Photo credit: Wikipedia.org

Gunung purba yang pernah meletus jauh sebelum peradaban manusia dan membuat seluruh bumi “mendung” ini masih aktif hingga sekarang. Kawah seluas 7 meter dengan kedalaman 800 meter rasanya sudah jadi bukti kuat kedahsyatan letusan gunung ini.

Gunung Kelud

10 - kelud

Photo credit: hargatiketwisata.blogspot.co.id

Sempat meletus di tahun 2014 lalu, gunung ini menjadi salah satu gunung paling aktif hingga sekarang. Tercatat, sejak tahun 1.000 masehi, Gunung Kelud telah meletus hingga 30 kali.

Gunung Salak

11 - Gunung-Salak

Photo credit: geviral.com

Tujuh puncak Gunung Salak rasanya tidak akan diragukan lagi keindahannya. Dengan tinggi 2.211 meter di atas permukaan laut, gunung ini dijamin memuaskan pecinta keindahan alam.

Gunung Krakatau

12 - krakatau

Photo credit: indonesiana.merahputih.com

Gunung Krakatau Purba yang sempat meletus dahsyat di tahun 1883 menyebabkan tiga perempat bagian Krakatau Purba hancur. Hebatnya lagi, ledakan gunung ini terasa hingga ke Honolulu, Hawaii, yang terletak ribuan kilometer jauhnya. Saat ini tinggal Anak Gunung Krakatau yang tersisa dan jadi destinasi pendakian yang cukup ramai.

Gunung Agung

13 - gunung agung

Photo credit: inputbali.com

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali dimana banyak masyarakat Bali yang percaya bahwa gunung ini menjadi tempat persemayaman para dewa. Bahkan beberapa di antara mereka masih percaya bahwa di Gunung Agung terdapat Istana Dewata.

Gunung Batur

14 - Gunung Batur

Photo credit: wisatagunung.com

Tak jauh dari Gunung Agung, Gunung Batur merupakan salah satu gunung paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1804, gunung ini telah meletus sebanyak 26 kali.

Gunung Merapi

15 - merapi

Photo credit: andimanwno.wordpress.com

Gunung yang terletak di Sleman ini terbentuk akibat aktivitas di zona subduksi lempeng Indo-Australia yang bergerak ke bawah Lempang Eurasia. Akibatnya, aktivitas vulkanis di gunung ini tergolong cukup tinggi.

Gunung Merbabu

16 - merbabu

Photo credit: jejakmatabackpacker.wordpress.com

Gunung dengan tinggi 3.142 meter di atas permukaan laut ini memiliki 5 kawah, antara lain Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo.

Gunung Ijen

17 - gunung ijen

Photo credit: cozmeed.com

Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini terkenal berkat Kawah Ijen. Api abadi yang berwarna biru jadi salah satu daya tarik di Gunung Ijen.

Itulah beberapa puncak gunung terbaik di Indonesia yang dapat Anda kunjungi di Hari Kemerdekaan nanti. Prosesi pengibaran bendera di puncak gunung dapat juga Anda lakukan untuk menghargai jasa-jasa dan semangat pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

Leave a Reply