Penting Atau Tidak Ya Ikut Komunitas Traveling?

Sejak menjamurnya media sosial, jumlah komunitas semakin bertambah, mulai dari komunitas pecinta klub sepak bola tertentu, komunitas pecinta hewan, sampai komunitas traveling – yang makin digandrungi. Bagi orang yang belum pernah ikut ke dalam komunitas, mungkin akan agak canggung dan malu ketika ingin bergabung. Apakah benar ikut ke dalam suatu komunitas traveling ini bermanfaat, atau sekadar menghamburkan uang dan waktu? Nah sekarang ZEN akan menjelaskan bagaimana pentingnya mengikuti komunitas traveling. Simak!

Tidak Ada Ruginya!

Seperti dijelaskan di awal, ketika seseorang masih belum pernah ikut ke dalam komunitas, kamu akan berprasangka buruk. Padahal, bisa dibilang bahwa ikut komunitas traveling ini tidak ada ruginya. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang mempunyai hobi sama. Misalnya kamu suka sekali naik gunung, jika bergabung bersama komunitas, kamu akan mengetahui ternyata di luar sana ada orang yang lebih freak dalam soal mendaki gunung.

Dapat Tips dan Trik Bermanfaat dari Orang yang Lebih Berpengalaman

Mungkin ini adalah salah satu manfaat utama ikut komunitas, yaitu kamu bisa mendapat tips dan trik bepergian dari para senior di dalam komunitas tersebut. Misalnya kamu selama ini mengeluarkan uang cukup banyak untuk pergi ke luar negeri. Dengan mengikuti komunitas, kamu akan diberitahu para senior tentang trik memilih tiket pesawat agar mendapatkan harga yang murah, sarana transportasi, hotel, sampai waktu-waktu tertentu yang tepat ketika mengunjungi suatu daerah. Nah tips dan trik ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu tidak ikut ke dalam suatu komunitas traveling.

A post shared by Gemma Lahoz (@gemmalahoz) on

Kadang, Bisa Dapat Liburan Gratis!

Alasan selanjutnya adalah di dalam suatu komunitas terkadang kamu akan mendapatkan liburan gratis. Komunitas Backpacker Indonesia kerap menyelenggarakan lomba yang berhadiah menginap gratis di Indonesia sampai luar negeri. Tidak hanya liburan gratis, beberapa kali komunitas juga mendapatkan keuntungan spesial seperti diskon promo atau bahkan potongan harga tiket pesawat.

Tak Akan Pernah Merasa Sendirian Saat Traveling

Komunitas Backpacker Indonesia adalah salah satu komunitas terbesar traveling terbesar di dunia. Di setiap kota besar, anggota komunitas ini rajin untuk kopi darat sebulan sekali, dan melakukan open trip 3-4 bulan sekali. Jadi kamu yang biasanya pergi sendirian dan menginginkan partner liburan, ikut ke dalam komunitas adalah solusi yang sangat jitu. Di beberapa komunitas traveling besar, kamu akan disambut layaknya saudara jauh ketika mengunjungi suatu daerah.

Apakah kamu sekarang adalah anggota komunitas tertentu? Atau bahkan kamu turut mendirikan sebuah komunitas traveling? Kamu bisa ceritakan pengalaman kamu ikut ke dalam komunitas traveling di kolom komentar di bawah.

Leave a Reply