Rumah Doa Bukit Rhema, Tempat Romantis Rangga dan Cinta yang Tersembunyi

Header

Header photo credit: putrinyanormal.com

Bukan sekedar drama percintaan antara Rangga dan Cinta, film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 ini ternyata membuat semua orang penasaran dengan spot-spot romantis yang ada di film tersebut. Mungkin yang paling terkenal adalah kafe tempat Cinta sedikit bertengkar dengan Rangga. Ketika itu Cinta mengatakan “Rangga, kamu jahat,” meme pun bertebaran dimana-mana.

Namun selain kafé tersebut, spot romantis lain di film AADC 2 yang sedang naik daun adalah Rumah Doa Bukit Rhema. Namanya mungkin agak aneh dan tidak familiar, tetapi rasa penasaran akan semakin memuncak setelah Anda melihat ketika Rangga dan Cinta bernostalgia di Rumah Doa Bukit Rhema. Apa sebenarnya isi dari Rumah Doa bukit Rhema ini? Dan dimana letaknya?

Rumah Doa Bukit Rhema alias Gereja Ayam

2

Photo credit: instagram @bukitrhema

Bangunan yang berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah ini berada sekitar 45 kilometer dari Yogyakarta. Ketika Anda menonton film AADC 2, bangunan ini sekilas menyerupai ayam. Bahkan sebagian orang di Yogyakarta menyebut Rumah Doa Bukit Rhema ini sebagai Gereja Ayam karena memang bangunannya yang mirip ayam.

Ceritanya, pada tahun 90an sang pemilik gereja Daniel Alamsjah ingin membuat suatu tempat yang dia sebut sebagai rumah ibadah. Bahkan Danieal Alamsjah ini mengatakan bahwa tempatnya itu bukan gereja, tetapi sebagai rumah ibadah dan diperuntukkan bagi seluruh umat yang percaya akan Allah. Daniel yang sekarang sudah tua ini mengatakan bahwa bangunan ini juga akan digunakan sebagai tempat rehabilitasi dan penampungan pecandu narkoba.

Rencananya Membuat Bangunan Mirip Burung Merpati

3

Photo credit: putrinyanormal.com

Daniel mengatakan bahwa Rumah Doa ini sebelumnya ingin dibuat mirip burung merpati. Tetapi karena kekurangan biaya, pembangunan Rumah Doa tersebut tidak dilanjutkan. Ketika pengerjaan berhenti, sisi depan berbentuk mirip kepala ayam dan sisi belakang sudah terbentuk ekor. Jadi, orang-orang sekitar menyebut Rumah Doa tersebut sebagai Gereja Ayam.

Burung merpati merupakan lambang dari perdamaian. Burung merpati dikenal sebagai burung yang tulus, lemah lembut, tidak menyakiti dan selalu berdamai. Bahkan dalam kisah kristiani, Yesus Kristus pernah didatangi Roh Kudus menyerupai burung merpati. Sejak saat itu, umat kristiani selalu menggunakan burung merpati sebagai simbol perdamaian.

Cara Mengunjungi Gereja Ayam4

Photo credit: putrinyanormal.com

Sebenarnya Gereja Ayam ini sudah terkenal di kalangan muda-mudi Yogyakarta, khususnya Magelang. Di setiap akhir pekan atau libur panjang, setidaknya ada puluhan wisatawan yang penasaran dengan Geraja Ayam ini. Walaupun harus berjalan sekitar 15 menit dari desa terdekat, para wisatawan tetap bersemangat untuk mengunjunginya.

Jika Anda sedang berwisata di Yogyakarta, Anda tidak perlu terburu-buru langsung mengunjungi Gereja Ayam ini. Letak dari Gereja Ayam ini sebenarnya berada dalam satu wilayah dengan Borobudur, jadi Anda bisa menggabungkan wisata Borobudur, kemudian melanjutkan ke Gereja Ayam. Tips untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Gereja Ayam, sebaiknya jangan terlalu sore karena jalanan menuju Gereja Ayam belum terlalu bagus. Jika memang Anda harus menginap di Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi ZenRooms untuk mendapatkan penawaran penginapan murah di Yogyakarta.

Sang sutradara film AADC 2, Riri Riza mengatakan bahwa pihaknya memang sengaja mengeksplor lebih banyak tempat menarik di Indonesia yang jarang dikunjungi. Di dalam film AADC 2, Rangga dan Cinta yang 14 tahun tidak bertemu mengunjungi Gereja Ayam dan bernostalgia di sana. Dengan masuknya Gereja Ayam di spot romantis film AADC 2 ini, Rumah Doa Bukit Rhema sudah siap oleh diserbu para wisatawan yang penasaran.

Leave a Reply