Simak 5 Surga Dunia di Indonesia Selain Bali

headerPhoto Credit: remotelands.com

Bali memang pulau sejuta pesona, ya. Rasanya susah untuk move on setelah traveling selama beberapa hari di sana. Ibaratnya, Bali merupakan salah satu surga dunia yang diciptakan Tuhan untuk para makhluknya dan tidak cukup dikunjungi hanya sekali. Sayangnya, rencana kembali ke Bali selalu terkendala, mulai dari tiket pesawat yang habis, kondisi Bali sedang ramai, dan lain sebagainya. Kabar baiknya, Indonesia punya surga dunia lain yang keindahannya tidak kalah dari Bali!

Lombok

1-baliPhoto Credit: Indonesia-yacht-carter.com

Lombok bisa dikatakan sebagai tetangga dari Bali, tepatnya berada di sebelah timur. Namun, Lombok lebih “low profile” karena situasinya tidak seramai Bali, cocok sekali bagi kamu yang ingin berlibur di kawasan pantai dengan tenang. Apalagi sekarang Lombok sudah memiliki bandara internasional, akses menuju pulau satu ini pun menjadi lebih mudah. Di bagian pesisir selatan Lombok, kamu bisa menikmati pantai berpasir putih dengan jumlah pengunjung yang minim. Selain pantai, ada pula Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi terbesar kedua di Indonesia. Kalau tenaga mencukup sempatkan diri untuk trekking karena pemandangan di sana benar-benar menakjubkan.

Gili Trawangan

2-gili-trawangan

Photo Credit: tourtolombok.com

Gili Trawangan adalah Gili terbesar di antara tiga pulau yang terletak di sebelah barat laut Lombok. Sebagai informasi saja, gili merupakan istilah yang digunakan penduduk lokal untuk menyebut pulau kecil. Menariknya, penggunaan mobil dan sepeda motor dilarang di Gili Trawangan, jadi kamu hanya bisa mengelilingi pulau menggunakan sepeda atau delman. Kawasan timurnya penuh dengan bar, hotel, nightclub, kafe, dan lain sebagainya. Gili Trawangan memang terkenal dengan vibe-nya yang fun dan lively. Pantai-pantainya sangat jernih dan kerap digunakan untuk snorkeling.

Flores

3-floresPhoto Credit: mustseeplaces.eu

Di sebelah timur Bali, terdapat Pulau Flores yang menjadi habitat dari komodo. Barisan gunung merapi menghiasi pulau satu ini, jadi hawanya pun benar-benar sejuk. Di Pulau Flores, kamu bisa melakukan petualangan dua hari ke Desa Suku Wae Rebo dan Air Terjun Cinca Rami. Dalam perjalanan ini, kamu bakal melewati Desa Denge dan menginap semalam di salah satu rumah suku Manggarai. Saat pulang, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Cinca Rami. Pulau Flores merupakan salah satu kawasan paling eksotis yang ada di Indonesia dan belum terlalu ramai dikunjungi.

Nusa Lembongan

4-nusa-lembonganPhoto Credit: tanjungbali.com

Pulau satu ini dekat sekali dengan Bali, kamu bahkan bisa mengunjunginya dalam sehari tanpa perlu menginap. Atmosfernya benar-benar tenang karena memang penggunaan mobil tidak diperbolehkan di Nusa Lembongan. Lautnya terbentang di sepanjang pesisir bagian barat dan selatan pulau, dengan pasir yang bersatu bersama bebatuan dan tebing. Ada pula hutan bakau untuk mencegah adanya abrasi dari air laut.

Nusa Lembongan juga dikenal akan industri rumput lautnya. Jadi, ketika matahari mulai tenggelam, laut yang semula terlihat berwarna biru kehijauan akan tertutup dengan jala dengan potongan rumput laut yang dipasang oleh para penduduk lokal. Anda bisa memperhatikan aktivitas mereka sambil bersantai di restauran atau kafe yang berjajar di kawasan Jungut Batu.

Raja Ampat

5-raja-ampat

Photo Credit: oldlook.indonesia.travel

Keindahan Raja Ampat sudah didokumentasikan dalam sebuah film dokumenter berjudul Edis Paradise 3 yang pemutaran perdananya dilakukan di Swiss. Film yang dibuat oleh Avant Premiere ini mengangkat keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang kerap disebut sebagai Amazon Lautan Dunia. Juluk tersebut diberikan karena Raja Ampat berada di pusat segitiga karang dunia. Terletak di kawasan Papua Barat, Kepulauan Raja Ampat merupakan rumah dari 537 jenis karang, 1104 jenis ikan, 669 jenis moluska, dan 537 jenis hewan darat. Meski terdiri dari 610 gugusan pulau, hingga kini baru ada 35 pulau yang ditempati oleh penduduk.

Bali bukan satu-satunya surga dunia yang bisa kamu kunjungi di Indonesia. Kelima tempat di atas telah membuktikannya. Jadi, kalau sudah bosan mengeksplor Bali atau sedang butuh destinasi baru, lima surga dunia tersebut pantas dipertimbangkan.

Leave a Reply