Simak Pertolongan Pertama pada Saat Liburan

feature image

Feauture image credit: jenniferjollyblog.com

Walaupun tidak berharap mendapatkan masalah selama liburan, tetapi belajar bagaimana pertolongan pertama ketika mendapatkan gangguan kesehatan adalah hal yang wajar. Bahkan Anda harus sedikit banyak mengetahui, bagaimana melakukan pertolongan pertama pada saat Anda berada dalam perjalan liburan. Masalah gangguan kesehatan ini bermacam-macam, ada yang kategori ringan seperti asma, terlalu capek sampai sesak nafas. Sedangkan kategori berat sampai luka atau bahkan serangan jantung. Oleh sebab itu, Anda harus belajar sedikit-sedikit mengenai pertolongan pertama ini.

Sekarang simak apa saja pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ketika di perjalanan atau pada saat liburan.

Sakit asma

Inhaler
                                                                      Photo credit: nisrina.co.id

Sakit asma sebenarnya bisa Anda hindari jika Anda mengetahui beberapa gejala yang dihadapi. Selain itu, orang yang terkena penyakit asma biasanya sudah membawa obat-obatan untuk pertolongan pertama. Tetapi jika teman atau keluarga Anda sudah terkena gejala penyakit asma, yang harus Anda lakukan adalah tidak perlu panik dan segera mencari tempat yang terbuka. Lalu pertolongan kedua, Anda bisa melonggarkan pakaian dari korban. Pertolongan terakhir adalah Anda harus menggunakan inhaler. Jika tidak mempunyai inhaler, Anda bisa menggunakan air hangat sampai Anda menemukan inhaler.

Keracunan

2

Photo credit: pexels.com

Mencoba makanan di sembarang tempat, biasanya memicu keracunan. Jadi ketika teman atau keluarga Anda tiba-tiba muntah-mutah atau diare, itu adalah tanda-tanda keracunan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah membiarkan korban tersebut muntah atau diare. Hal tersebut dilakukan untuk mengeluarkan racun yang berada di dalam tubuh. Korban yang keracunan biasanya akan lemas, jadi Anda harus memberikan air putih. Beri sesekali minuma elektrolit untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Kulit terbakar matahari

3

Photo credit: huffingtonpost.co.uk

Terlalu banyak di pantai, sampai lupa waktu biasanya akan mengakibatkan kulit terbakar matahari. Apalagi Anda lupa mengenakan tabir surya, kulit akan gampang terbakar sinar matahari. Jika sudah merasa kulit Anda terbakar, pertolongan pertama adalah segera lap dengan air dingin secara perlahan. Jangan langsung disiram dengan air dingin, karena akan memperparah kulit. Jadi usap secara pelahan-lahan sampai korban merasa nyaman. Jika terlalu parah, Anda bisa membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Pusing dan terlalu capek

Senior man

Photo credit: huffingtonpost.co.uk

Jika Anda bepergian di udara yang sangat panas kemudian terlambat makan, biasanya Anda akan gampang merasa pusing. Pertolongan pertama pada orang yang pusing sudah jelas, segeralah makan dan beristirahat. Oleh karena itu, mempunyai penjadwalan yang tepat ketika liburan akan membantu Anda mengatur jadwal makan di sela-sela liburan.

Pertolongan pertama untuk serangan jantung

5

Photo credit: naturalhealth365.com

Untuk gangguan kesehatan kategori berat berikut ini, Anda tidak perlu panik. Usahakan korban yang mengalami serangan jantung mendapatkan udara yang segar. Baringkan korban dan langsung telepon atau meminta bantuan orang sekitar. Korban yang mempunyai masalah jantung, biasanya membawa obat untuk masalah jantung, periksa kantung atau tas korban.

Itula beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ketika ada teman atau saudara Anda mengalami gangguan kesehatan ringan atau berat. Jaga kesehatan selama liburan ya.

Leave a Reply