Suka Minum Kopi, Ini Dia 7  Manfaat Kopi yang Perlu Kamu Tahu

Photo credit: jklugiewicz (pixabay.com)

Ketika pekerjaan sedang banyak-banyaknya atau saat berkendara, terkadang rasa kantuk datang menyerang. Akibatnya, kita pun jadi tidak bisa berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan. Di saat-saat seperti inilah kita butuh yang namanya: kopi. Selain bisa menghilangkan rasa kantuk, kopi juga biasa dijadikan “teman” untuk nongkrong atau bersantai. Untuk kamu yang suka minum kopi, ternyata ini minuman nikmat ini memiliki manfaat baik. Yuk, cari tahu!

Meningkatkan Energi

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein, dan kafein inilah yang bisa meningkatkan energi. Saat menyeruput, kopi akan dicerna dan diedarkan ke seluruh pembuluh darah yang lalu membawa kopi ke otak. Kafein mampu meningkatkan jumlah neurotransmiter di otak sehingga ini akan meningkatkan energi dan membuat kamu tidak lagi merasa lelah.

Membuatmu Lebih Aktif Bergerak

Kafein di dalam otak akan menstimulasi sel-sel saraf untuk memberi sinyal pada tubuh agar memecah lemak. Lemak ini kemudian akan dilepas ke dalam darah sebagai asam lemak yang berguna untuk bahan bakar dalam pembentukan energi. Hal ini yang akan membuatmu lebih aktif bergerak.

Membakar Lemak

Coba kamu perhatikan, pada umumnya suplemen penurun berat badan pasti mengandung kafein. Studi menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga sebelas persen. Ada juga penelitian lain yang melibatkan orang dengan berat badan berlebih, menunjukkan bahwa kafein juga mampu meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen.

Menurunkan Risiko Diabetes II

Kopi juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Diabetes merupakan suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah melebihi batas normal karena pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin sesuai jumlah yang diperlukan. Sebanyak 18 penelitian yang dilakukan pada 400 ribu orang sepakat menyimpulkan bahwa secangkir kopi setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga tujuh persen.

Melindungi Liver

….working…. #workit#coffeetime#planning#workingwithcoffee#ilovemyjob❤️#

A post shared by Andrea (@p.a.l.c.i.c.a) on

Hati merupakan organ penting tubuh yang berperan banyak untuk proses metabolisme, salah satunya menetralkan racun. Kelainan pada hati bisa memicu sirosis. Sirosis adalah kondisi di mana sel-sel hati sudah dipenuhi oleh sel fibrous sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya seperti normal. Minum kopi setiap hari mampu mencegah terjadinya sirosis ini.

Menurunkan Tingkat Depresi

Merasa jenuh dan tertekan dengan masalah yang tak kunjung usai? Cobalah untuk menyendiri dan menyeduh kopi. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi setiap hari memiliki risiko stres 20 persen lebih rendah.

Mengurangi Risiko Alzheimer

Alzheimer pada umumnya menyerang mereka yang berusia di atas 65 tahun. Tapi penyakit ini bisa diperlambat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, tak terkecuali juga minum kopi.

Nah, ternyata tidak hanya penghilang rasa kantuk, bukan? Selain enak dinikmati sambil mengobrol dengan teman, ternyata kopi cukup bermanfaat. Tapi ingat, sebaiknya kamu tidak minum kopi terlalu banyak. Minum sewajarnya saja dan perbanyak air putih, ya.

 

Leave a Reply