Tarian Ini Mempunyai Pengaruh Besar di Dunia

Salah satu kehebatan dari sebuah tarian adalah karena gerakan-gerakan dalam tari tidak dibuat begitu saja untuk membuat badan berkeringat. Seorang penari harus memahami lagu dan juga apa yang ingin ia bawakan sebelum berhasil membius para penontonnya ketika ia menari. Tentunya, ada tarian-tarian yang menjadi jenis tari yang paling berpengaruh di dunia untuk para penari tersebut. Apa saja ya?

Hip Hop

Salah satu dari jenis street dance atau tarian jalanan ini adalah sebuah gerakan seni yang memiliki dampak besar. Gaya tari ini biasanya diiringi dengan musik hip hop dengan musik yang ear catchy. Gerakan utama dalam hip hop adalah breaking, locking dan popping. Diciptakan pada tahun 1970an oleh dance crew di Amerika Serikat, gaya tari ini sering diperagakan dengan gerakan-gerakan yang hampir menyentuh tanah.

Tap Dance

Jenis tari satu ini cukup unik, karena selain menggunakan gerakan yang cepat, tap dance sangat khas akan suara hentakan sol sepatu yang bertemu dengan lantai. Karena itu tidak sembarang sepatu bisa digunakan untuk menari tap dance dan tidak sembarang tempat bisa digunakan sebagai tempat menari tap. Tarian ini terinspirasi dari tarian Afrika-Amerika seperti tari Juba dan tarian Irlandia stepdancing. Tarian ini dipercaya telah populer sejak tahun 1800-an.

Yangko Dance

https://www.instagram.com/p/BQmuNXvDQG6/?tagged=yangko

Tarian ini adalah tarian tradisional yang berasal dari Tiongkok, bermula di dinasti Han. Tari Yangko memiliki koreografi yang indah karena badan para penarinya begitu luwes bak kain yang terterpa oleh angin. Para penari Yangko pun diharuskan untuk menari sesuai dengan ritme dari musik, hal ini disebabkan karena tarian Yangko dan musik adalah sebuah kesatuan yang tak bisa dilepaskan. Tarian ini sendiri sudah mengalami berbagai perubahan, tarian Yangko yang populer saat ini adalah tarian yang dipopulerkan pada tahun 1940an. Biasanya, tarian Yangko dipertontonkan pada Lantern Festival.

Belly Dance

Belly dance adalah sebuah sebutan dari barat untuk tarian tradisional yang berasal dari Asia Barat, utamanya tarian Raqs Sharqi. Beberapa orang menyebutnya sebagai tarian Timur Tengah atau tarian Arab. Sebenarnya dalam belly dance, semua bagian tubuh ikut bergerak namun karena yang paling banyak digerakkan adalah bagian pinggang, tarian ini disebut sebagai belly (perut). Shakira adalah salah satu penyanyi modern yang dianggap memiliki kemampuan belly dance yang luar biasa, tidak heran bila tarian satu ini sampai ke negara-negara barat, karena pada abad ke 18 hingga 19, belly dance dibawa oleh seniman Oriental saat era Romantic Movement.

Gangnam Style

Salah satu tarian modern yang memiliki pengaruh begitu besar di dunia tari adalah Gangna Style. Dipopulerkan oleh penyanyi Psy pada tahun 2012, tarian yang berasal dari Korea ini langsung membius dunia dalam waktu sekejap. Tarian ini adalah sebuah tarian yang tidak sekedar dibentuk begitu saja, tetapi juga tarian yang didasarkan dari budaya yang berada di distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Hingga saat ini, Gangnam Style masih menjadi salah satu tipe tarian yang kerap digabungkan dengan tarian lain untuk menambah kesan ramai dan ceria.

Leave a Reply