Tempat Berburu Sajian Berbuka Puasa Paling Populer di Indonesia

Tak terasa hari kita sudah hampir memasuki paruh pertama Ramadan! Apakah kamu mulai bingung mau berbuka puasa dengan apa agar tidak bosan? Tenang, kali ini kami akan ajak kamu ke tempat-tempat berburu sajian berbuka puasa paling legendaris di berbagai daerah. Dijamin, kamu bakal “kalap” melihat beragamnya sajian yang dijual di sana!

Photo source: @inakoesoema @carolinelc88 @mutiaamalika @sonny_eduardo09

 

PASAR SORE RAMADHAN KAUMAN, YOGYAKARTA
Sesuai namanya, Pasar Sore Ramadhan Kauman ini berada di gang sempit di Kampung Kauman, Jl. Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Photo source: @mutiaratri

Sekilas, pasar tiban yang sudah eksis sejak tahun 70an ini terlihat tak ada bedanya dengan pasar kuliner Ramadan lainnya. Namun kalau kamu sempatkan diri untuk menyusuri lorong sempit yang ada di antara RW 10 hingga RW 13 Kauman ini, deretan pedagang siap menyambut dengan aneka jajanan tradisional yang beberapa diantaranya sudah mulai langka.

Photo source: @tito.t.hartanto

Mulai dari kue clorot, sarang gesing, semar mendem, serabi kocor, sampai kue kipo (jajanan yang terbuat dari tepung ketan, kelapa dan gula merah) khas Kotagede dan kue kicak khas Kauman yang sekarang sulit ditemui pun bisa kamu temukan di sini!

Photo source: @cho2inside

Selain jajanan, pasar ini juga menjual aneka makanan berat seperti pecel cap jay, aneka pepes, hingga menu-menu buka puasa “mainstream” seperti kolak dan es buah. Dan pastinya, semua sajian menggiurkan ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Pokoknya, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Sore Ramadhan Kauman kalau kebetulan kamu sedang liburan di Yogyakarta. Dan untuk pilihan akomodasi terbaik, lihatlah beberapa referensi kamar hotel dari ZEN Rooms ini.

KULINER RAMADHAN BANTARJATI, BOGOR
Bagi warga Jakarta, Bogor mungkin sudah jadi destinasi langganan liburan akhir pekan. Nah, kalau akhir pekan nanti kamu berencana kulineran di Bogor, luangkan waktu untuk mencari jajanan berbuka puasa di Kuliner Ramadan Bantarjati ini.

Photo source: aryani_leksonowati

Beberapa tahun belakangan ini, Jalan Bangbarung di kawasan Bantarjati ini kian populer sebagai pusat kuliner kota hujan. Siapa yang tak kenal dengan Sop Duren Lodaya, Ayam Geprek Istimewa, Bakso Seuseupan, Sop Buntut Ibu Imas, dan sebagainya?

Dan selama bulan Ramadan, tepatnya menjelang sore hari, bukan hanya tempat-tempat makan itu saja yang bisa dijumpai di sini. Tapi juga pasar kaget yang menghadirkan aneka jajanan berbuka puasa yang dijual di kios-kios dadakan, gerobak, bahkan mobil yang berjajar di sepanjang jalan.

Photo source: @ichantiks

Dari penjaja es buah, es campur, kolak, bubur sumsum, aneka gorengan, mie gelosor khas bogor, sampai masakan rumahan seperti sayur buntil, ayam bumbu kuning, tumis oncom dan sebagainya ada di sini.

Pokoknya kalau ke sini jangan kesorean, nanti keburu kehabisan! Agar lebih puas berwisata kuliner di Bogor sepanjang akhir pekan, inilah beberapa referensi kamar hotel di Bogor dari ZEN Rooms yang bisa Anda pilih.

RAMADHAN FAIR MEDAN
Ramadhan Fair adalah event penting tahunan Kota Medan yang dilaksanakan setiap bulan puasa selama sebulan penuh dan sudah berlangsung sejak tahun 2003 di Taman Sri Deli Masjid Raya, Jl. Sisingamangaraja, Medan.

Photo source: @fahmie.piero

Acara tiap tahunnya selalu ditunggu-tunggu oleh warga medan, karena tak hanya melibatkan ratusan stand kuliner, namun juga ada berbagai pameran, serta aneka pertunjukan hiburan yang menarik. Nggak kalah meriah deh dibandingkan dengan Jakarta Fair!

Berbeda dengan pasar Ramadan dadakan lain, semua makanan yang dijual di Ramadhan Fair diawasi oleh Badan BPOM. Jadi, kamu nggak perlu khawatir soal kebersihan dan kandungan bahan berbahaya.

Photo source: @mutiaamalika

Tersedia pula tempat-tempat makan yang cukup nyaman jika kamu ingin berbuka puasa di sini sambil menikmati aneka kuliner khas Medan yang terkenal akan kelezatannya.

PASAR RAMADHAN MAPPANYUKKI, MAKASSAR
Mappanyukki adalah nama sebuah jalan di Kota Makassar, tepatnya di belakang Wisma Kalla. Dan setiap sore menjelang waktu berbuka puasa, jalan ini jadi salah satu tempat paling ramai tempat orang berburu hidangan buka puasa.

Photo source: gosulsel

Bermacam-macam sajian khas Makassar seperti es pisang ijo, pallu butung, jalangkote, serta kue sanggara balanda, bolu peca, barongko, dan sebagainya bisa kamu beli di sini.

Photo source: @sonny_eduardo09

Selain itu, pasar yang mulai buka sejak jam 14.00 siang hingga magrib tiba ini juga menjual aneka olahan ikan andalan Makassar, seperti ikan bakar, ikan goreng, pallu mara, juga aneka sayuran dan lauk pauk.

Kamu pasti bakal lapar mata deh melihat semua sajian lezat itu! Kalau tertarik ingin ke sana, berikut ini adalah beberapa referensi kamar hotel di Makassar dari ZEN Rooms yang bisa Anda pilih.

PASAR TAKJIL BENDUNGAN HILIR (BENHIL), JAKARTA
Setiap bulan Ramadan, Pasar Benhil yang terletak di Jakarta Pusat selalu jadi pilihan utama warga ibukota untuk berburu menu berbuka puasa.

Photo source: liputan6.com

Dari siang hingga magrib, ratusan pedangang menjajakan aneka makanan. Bukan hanya makanan khas Jakarta saja, namun juga dari berbagai daerah lain, seperti bubur kampiun, lamang tapai, aneka gorengan, sampai berbagai variasi kolak. Bakal bingung deh memilihnya!

Photo source: liputan6.com

Oh ya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu digelar di bibir Jalan Bendungan Hilir dan selalu mengakibatkan kemacetan parah, tahun ini Pasar Takjil Benhil digelar di dalam arena yang lebih luas dan lebih tertata rapi di area kosong persis sebelah Pasar Benhil.

Ingin merasakan suasana Ramadan ala kota metropolitan? Cek link ini untuk melihat beberapa penawaran kamar hotel di Jakarta dari ZEN Rooms dengan harga terbaik.

Leave a Reply