Tempat Liburan Anak dan Keluarga di Bali

HeaderHeader: baligo.co

Bali memang surganya para backpackers, tapi bukan berarti pulau penuh pesona satu ini tidak cocok dikunjungi sebagai tempat liburan anak dan keluarga. Nyatanya, Bali justru memiliki banyak destinasi wisata yang ramah anak dan keluarga. Lokasinya pun tersebar di berbagai area. Anda bisa melihat beberapa di antaranya berikut ini.

Pulau Penyu Bali

1. Pulau Penyu Bali

Photo Credit: pergiberwisata.com

Pulau Penyu Bali terletak di Tanjung Benoa. Untuk bisa ke sana, Anda harus menyewa perahu motor. Dari atas perahu, Anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan bawah laut tanpa harus menyelam. Setelah sampai di Pulau Penyu Tanjung Benoa, pemandu akan mengajak Anda melihat populasi penyu hijau dan menjelaskan berbagai hal terkait. Anda dan keluarga juga bisa berfoto bersama penyu-penyu tersebut. Selain penyu, ada pula hewan-hewan lain seperti monyet, ular, elang, kelelawar, dan burung kakak tua.

Waterbom Bali

2. Waterbom Bali

Photo Credit: baligo.co

Terletak di tengah kawasan Kuta yang terkenal dengan pantainya, Waterbom Bali disebut sebagai oase yang menawarkan banyak atraksi permainan air seru. Tempat liburan satu ini berdiri di atas lahan seluas 3,8 hektar, jadi Anda dan keluarga bisa puas menikmati berbagai wahana air yang ada. Anda bahkan bisa belajar surfing melalui wahana bernama Flow Rider. Ada seorang pemandu yang akan membantu Anda untuk melakukan hal tersebut.

Bali Safari and Marine Park

3. Bali Safari and Marine Park

Photo Credit: putubalitourguide.com

Pada dasarnya, Bali Safari and Marine Park merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia, tapi taman safari satu ini dikemas dalam cara yang lebih menyenangkan. Untuk menikmati pengalaman safari di Bali Safari and Marine Park, Anda bisa ikut berkendara dengan Safari Tram atau menunggangi gajah melalui program Elephant Back Safari. Anda dan keluarga juga bisa menikmati santap kuliner dikelilingi oleh beberapa hewan di sana.

New Kuta Green Park Pecatu

4. New Kuta Green Park Pecatu

Photo Credit: vacationbaliindonesia.com

Konsepnya mungkin tidak jauh berbeda dari Waterbom Bali, yakni sama-sama berupa wahana permainan air. Namun, New Kuta Green Park Pecatu memiliki area yang lebih luas, yakni sebesar lima hektar. Apabila Waterbom Bali benar-benar fokus pada atraksi airnya, New Kuta Green Park Pecatu memiliki wahana non air lain seperti flying fox, bungee trampoline, dan paint ball. Benar-benar cocok dikunjungi untuk berlibur bersama anak-anak dan keluarga.

Pondok Pekak Ubud

5. Pondok Pekak Ubud

Photo Credit: youtube.com

Ubud ternyata tidak hanya memiliki pemandangan hijau khas sawah, tapi juga perpustakaan lokal bernama Pondok Pekak. Lebih dari itu, Pondok Pekak juga merupakan pusat pembelajaran bagi siapapun yang ingin mendaftar. Jenis kelas yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Tari Bali, cara memainkan gamelan gong dan bambu, membuat perhiasan dari perak, hingga mengukir dan mendekorasi buah. Pondok Pekak dapat menjadi cara baru untuk menikmati liburan di Bali.

Circus Waterpark

6. Circus Waterpark

Photo Credit: circuswaterpark.com

Waterbom Bali mungkin menjadi wahana permainan air di Bali yang paling dikenal orang-orang Indonesia, padahal sebenarnya Circus Waterpark lah wahana permainan air yang pertama kali berdiri di Bali. Lokasinya hanya berjarak lima menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Ada sekitar sembilan papan seluncur berbagai ukuran yang ada di Circus Waterpark. Wahanan permainan air satu ini juga memiliki taman tropis yang akan membuat pengalaman Anda semakin menyenangkan.

Bali Bird Park

7. Bali Bird Park

Photo Credit: baliubudtour.com

Berdiri sejak dua puluh tahun lalu, hingga kini Bali Bird Park masih menjadi salah satu tempat liburan favorit keluarga di Bali. Bali Bird Park dibagi menjadi beberapa area berdasarkan habitat asli burung-burung yang ada di sana. Jadi, mereka membuat replika dari habitat burung-burung tersebut, yang terdiri dari Indonesia, Amerika Latin, Afrika, dan Australia. Tidak hanya menyaksikan burung-burung secara langsung, Anda juga bisa belajar lebih jauh tentang mereka melalui film 4D yang diputar.

Bali Treetop Bedugul

8. Bali Treetop Bedugul

Photo Credit: plesiryuk.com

Bali Treetop Adventure Park merupakan sebuah area luas di Bedugul yang dibangun untuk mengakomodasi aktivitas-aktivitas outdoor. Setidaknya ada 72 tantangan yang bisa Anda coba, mulai dari spider nets, tarzan jumps, flying fox, flying swings, dan lain sebagainya. Bali Treetop Adventure Park terbuka untuk pengunjung individu maupun berkelompok. Tenang, ada pemandu yang pasti akan membantu Anda dan keluarga dalam menaklukkan tantangan-tantangan tersebut.

Odyssey Submarine Bali

9. Odyssey Submarine Bali

Photo Credit: odysseysubmarine.com

Ini dia satu-satunya wisata kapal selam di Bali. Kapal selam Odyssey Submarine dirakit menggunakan teknologi canggih dengan kapasitas 36 orang. Anda akan diajak menyaksikan keindahan pemandangan bawah laut, beragam ikan hias, terumbu karang, dan biota laut lainnya. Dalam sekali beroperasi, kapal selam Odyseey Submarine akan melaju pada kedalaman 35 meter di bawah permukaan laut selama 45 menit. Perjalanan dipandu oleh pilot dan co-pilot berpengalaman.

Taro Elephant Safari Park Ubud

10. Taro Elephant Safari Park Ubud

Photo Credit: charmingasiatours.com

Jika belum puas menunggangi gajah di Bali Safari and Marine Park, Anda bisa segera belok ke Elephant Safari park di Desa Taro, kawasan Ubud bagian selatan. Tidak perlu kelelahan mengitari taman di sana, Anda dan keluarga bisa menunggangi gajah Sumatera yang disediakan. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi oleh pemandangan cantik khas hutan lokal. Tidak hanya itu, Elephant Safari Park juga memelihara beberapa bayi gajah yang bisa Anda beri makan secara langsung.

Bali Funworld

11. Bali Funworld

Photo Credit: liburanbali.info

Anak-anak Anda kemungkinan besar tidak akan mau diajak pulang begitu menginjakkan kaki di sini. Bali Funworld merupakan sebuah area bermain indoor seluas 5.000 meter persegi. Permainannya pun beragam, mulai dari mandi bola, trampolin, papan seluncur, dan lain sebagainya. Anda bisa turut memperhatikan anak-anak Anda bermain atau menitipkannya pada para petugas yang telah berpengalaman. Bali Funworld akan menjadi tempat liburan favorit anak-anak Anda.

 

Dream Museum Zone

12. Dream Museum Zone

Photo Credit: blog.balitouroffice.com

Belum pernah mendengar tempat liburan satu ini? Dream Museum Zone (DMZ) adalah museum trik seni yang berasal dari Korea. DMZ berhasil menciptakan hasil seni 3D berkualitas tinggi dan unik. Para pelukisnya telah mengadakan enam pameran dan menghasilkan lebih dari seratus hasil seni. DMZ di Bali menjadi perusahaan pertama mereka di Indonesia. Sebelumnya, mereka juga telah mendirikan DMZ di Tiongkok dan berencana untuk menambah di negara-negara lain.

Dolphin Lodge Serangan

13. Dolphin Lodge Serangan

Photo Credit: blog.villa-bali.com

Di Dolphin Lodge Serangan, Anda bisa menyaksikan sekaligus berinteraksi dengan para lumba-lumba. Anda bisa memeluk, mencium, bermain, bahkan berfoto dengan mereka. Dolpin Lodge Serangan diselenggarakan di kolam buatan di tengah laut. Nah, karena tingginya minat pengunjung, Anda harus melakukan reservasi setidaknya dua minggu sebelumnya jika memang tertarik untuk berkunjung ke Dolphin Lodge Serangan. Acara akan berlangsung selama kurang lebih empat puluh menit.

Ternyata banyak juga tempat liburan yang ramah anak dan keluarga di Pulau Bali. Apabila berniat untuk mengunjungi seluruh tempat liburan tersebut, Anda akan membutuhkan tempat penginapan yang bersih, aman, dan nyaman. ZEN Rooms siap menyediakan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Leave a Reply