Tempat Liburan yang Pasti Disukai Anak-Anak

Header

 Header: ridwanderful.com

Sejak awal bulan Juni lalu, anak-anak sekolah sudah memasuki waktu liburan. Meskipun mungkin sekarang Anda masih belum bisa menemani anak-anak karena harus bekerja, persiapkan libur lebaran mulai sekarang agar mereka bisa menikmati liburan dengan senang. Di Indonesia, ada cukup banyak tempat yang cocok dikunjungi untuk liburan anak-anak Anda. Lokasinya pun menyebar, mulai dari Jakarta hingga Bali. Tema-tema yang disediakan juga akan membuat anak-anak betah menghabiskan liburan di sana.

Kidzania (Jakarta)

1. Kidzania (Jakarta)

Photo Credit: london.anglican.org

Saat kecil dulu, Anda pasti pernah membayangkan tentang kehidupan orang dewasa, bahkan berandai-andai untuk menjalaninya. Apabila anak-anak Anda juga melakukan hal yang sama, ajak mereka ke Kidzania di Pacific Place Shopping Mall, Jakarta. Kidzania merupakan sebuah pusat rekreasi berkonsep edutainment yang ditujukan untuk anak-anak berusia 2-16 tahun. Desain interiornya menyerupai replika sebuah kota sesungguhnya, hanya saja dalam ukuran anak-anak. Di kota buatan ini, anak-anak bisa memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi, seperti dokter, pilot, pembalap, dan lebih dari seratus profesi lainnya.

Jungleland (Bogor)

2. Jungleland (Bogor)

Photo Credit: mauharga.com

Bogor ternyata memiliki taman bermain seru bernama Jungleland. Lokasinya berada di Kawasan Sentul Nirwana, Sentul City. Di Jungleland, Anda dan anak-anak bisa menikmati berbagai wahana yang dibagi ke dalam beberapa area, yakni Carnicalia, Tropicalia, Mysteria, Eksplora, dan Dino World. Apabila berangkat dari Jakarta, kira-kira Anda akan menghabiskan kurang-lebih satu jam perjalanan. Jika berencana untuk sekalian mengeksplor daerah Bogor, Anda bisa menginap di salah satu kamar ZEN Rooms yang terdapat di berbagai hotel di sana. Untuk mengetahui info lebih lengkap tentang Jungleland, langsung saja kunjungi situsnya di jungleland.co.id.

Farmhouse (Bandung)

3. Farmhouse (Bandung)

Photo Credit: mixedupalready.com

Apabila anak-anak cenderung lebih suka dengan wisata alam, Farmhouse Lembang di Bandung adalah destinasi yang tepat. Sebelum masuk, Anda diharuskan untuk membeli tiket seharga Rp 20.000. Jangan buru-buru membuang tiket tersebut karena bisa ditukarkan dengan segelas susu atau sosis bakar. Sambil menikmati sajian yang dipilih, ajak anak-anak Anda untuk berjalan menyusuri jalan setapak di Farmhouse. Anda akan menemukan bangunan-bangunan khas Eropa yang dapat menjadi spot bagus untuk berfoto bersama anak-anak. Jangan lupa mengunjugi gerai oleh-oleh untuk membeli kenang-kenangan dari Farmhouse.

Taman Pintar (Yogyakarta)

4. Taman Pintar (Yogyakarta)

Photo Credit: eduzia.com

Taman Pintar adalah wahana bermain sekaligus belajar yang dibangun oleh pemerintah Kota Yogyakarta sebagai media pembelajaran sains bagi warganya, terutama anak-anak. Secara umum, ada lima gedung utama yang terdapat di Taman Pintar, yakni Gedung Memorabilia, Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, dan Gedung PAUD. Dulunya, Taman Pintar merupakan sebuah pusat perbelanjaan. Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004 dan diresmikan pada tanggal 16 Desember 2008. Tujuan utama pembangunan Taman Pintar adalah untuk mendukung program pembelajaran reguler di sekolah dengan mengasah kreativitas anak didiknya sejak dini.

Jogja Bay Pirates Adventure Park (Yogyakarta)

5. Jogja Bay Pirates Adventure Park (Yogyakarta)

Photo Credit: fromasiawithlife.wordpress.com

Jogja Bay Pirates Adventure diklaim sebagai wahana permainan air terlengkap, terbesar, dan tercanggih se-Indonesia. Hingga kini, Jogja Bay Pirates Adventure memiliki sembilan belas wahana permainan dan rencananya akan terus bertambah. Di sini, anak-anak Anda tidak hanya bebas bermain air, namun juga mendapat edukasi tentang cara bertahan ketika bencana tsunami atau gempa bumi datang. Konsep pembangunan Jogja Bay Pirates Adventures terinpirasi dari Water Bom di Bali dan Waterpark di Orlando, jadi Anda tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk bisa menikmati keseruan serupa.

Ciputra Waterpark (Surabaya)

6. Ciputra Waterpark (Surabaya)

Photo Credit: waterfunproductsfun.com

Surabaya dikenal sebagai salah satu kota bersuhu panas di Indonesia. Agar tidak merasa gerah, segarkan diri Anda dan anak-anak di Ciputra Waterpark di kawasan Surabaya Barat. Berdiri di lahan seleuas lima hektar, konsep pembangunan Ciputra Waterpark terinspirasi dari dongen petualangan Sinbad. Jadi, jangan terkejut jika nanti Anda dan anak-anak menemukan wahanan permainan air bernama Sinbad Playground, Sirens River, Chimera Pool, Marina lagoon, dan Syracuse Beach. Jika tertarik untuk bermain air di Ciputra Waterpark, usahakan untuk datang pada pukul 13.00 untuk hari Selasa-Jumat atau pukul 10.00 saat weekend karena belum terlalu ramai pengunjung.

Bali Safari and Marine Park (Bali)

7. Bali Safari and Marine Park (Bali)

Photo Credit: putubalitourguide.com

Inilah salah satu tempat liburan terbaik untuk menikmati pengalaman safari di Bali. Di Bali Safari and Marine Park, terdapat lebih dari enam puluh spesies hewan. Beberapa di antaranya cukup langka ditemukan, seperti komedo, orang utan, dan Bali Mynah. Untuk menikmati pengalaman safari ini, Anda bisa memilih untuk menggunakan Safari Tram atau menunggangi gajah melalui program Elephant Back Safari. Anda dan anak-anak juga bisa berinteraksi dengan beberapa jenis hewan secara dekat di Animal Encounter. Bali Safari and Marine Park juga memiliki teater yang terkadang menampilkan pertunjukan Bali Agung dan Tari Kecak.

Sepertinya seru sekali, ya? Tidak hanya anak-anak, Anda pun pasti akan ikut merasakan keseruan di tempat-tempat liburan tersebut. Segera rencanakan liburan dari sekarang dan jangan lupa memilih tempat penginapan yang aman dan nyaman. ZEN Rooms siap menyediakan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Leave a Reply