Ternyata Ada Lho Hari Bawa Bekal Nasional!

Baik saat pergi ke sekolah, kuliah, maupun di tempat kerja, pasti kamu pernah melihat ada teman yang membawa bekal – atau malah kamu sendiri yang sering bawa bekal dari rumah. Beberapa orang memang lebih suka untuk membawa bekal. Alasannya pun berragam, ada yang ingin menghemat biaya makan siang, ada pula yang lebih memilih membawa bekal dengan alasan kebersihan, karena kalau membeli makanan di luar belum tentu terjamin kebersihan bahan dan cara pengolahannya. Namun, bagi sebagian yang lain, membawa bekal adalah hal yang sedikit merepotkan sehingga mereka lebih memilih untuk makan siang di luar kantor yang lebih praktis. Nah, bagi kamu yang belum tahu, ternyata ada lho Hari Bekal Nasional. Ah yang benar, nih?

12 April Sebagai Hari Bekal Nasional

Hari Bekal Nasional diperingati setiap tanggal 23 April. Tradisi ini dimulai sejak tahun 2013. Hari ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah dengan menggandeng beberapa lembaga lainnya. Ada empat pihak yang ikut memprakarsai hari spesial ini, antara lain Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Pengawas Obat dan Makanan, serta PT Tupperware.

Di hari itu pun beberapa orang berpengaruh juga ikut memeriahkannya melalui media sosial, misalnya seperti Dedi Mulyadi yang merupakan Bupati Purwakarta dan beberapa personil JKT48 seperti Yansen Indiani, Feni Fitriyani, dan Aninditha Rahma. Mereka beramai-ramai berkicau lewat akun Twitter mereka.

Latar Belakang Hari Bekal Nasional

Saat kita membeli makanan di luar, kita tidak tahu bagaimana proses pengolahannya, apakah penjual mengolahnya dengan tetap menjaga kebersihan atau tidak. Selain itu juga bahannya. Kita tidak bisa memastikan apakah penjual memakai bahan-bahan yang segar dan berkualitas atau tidak. Bahan yang kurang memperhatikan nutrisi dan pengolahan yang kurang higienis akan berdampak pada kesehatan tubuh kita jika kita memakannya, bukan? Bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh sensitif, bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit perut, sakit tenggorokan, dan sebagainya.

Untuk menghindari hal ini, beberapa orang ada yang memilih untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Bagi orang tua yang ingin memastikan putra-putrinya mendapat nutrisi terbaik untuk makanannya, mereka akan membuatkan bekal dari rumah sehingga buah hati mereka tidak perlu jajan di luar. Atas dasar inilah Hari Bekal Nasional digalakkan. Hari ini dicanangkan untuk membangun kembali budaya membawa bekal.

Sebetulnya, Hari Membawa Bekal ini sendiri merupakan bentuk kampanye yang dipelopori oleh PT Tupperware. Adapun kampanye ini dilatarbelakangi oleh data BPOM tahun 2006-2010 yang menyatakan bahwa sebanyak 40-44 persen jajanan yang dibeli anak sekolahan tidak memenuhi syarat kesehatan.

Jadi, bagi kamu yang masih berpikir bahwa membawa bekal adalah tradisi kuno sehingga kamu malu untuk membawa bekal, sebaiknya mulai sekarang hilangkan jauh-jauh pikiran itu, ya. Sebab, justru dengan membawa bekal sendiri dari rumah kita bisa memastikan sehat tidaknya makanan yang kita makan. Selain lebih terjamin, kamu juga bisa menabung, bukan? Yuk, budayakan membawa bekal mulai dari sekarang.

Leave a Reply