Ternyata Malaysia Timur Juga Bagus Buat Liburan Lho!

Photo header credit: youtube.com

Berlibur di Malaysia adalah salah satu pilihan yang bagus. Di Kuala Lumpur, misalnya, banyak tempat-tempat wisata yang menarik, mulai dari Menara Petronas hingga Aquaria KLCC. Sangat merugikan bila kamu tidak mampir ke salah satu lokasi tersebut.

Namun jangan lupakan fakta bahwa ada daerah Malaysia yang berbatasan darat dengan Indonesia. Terletak di Pulau Kalimantan, Malaysia Timur berbatasan darat dengan Brunei Darussalam dan Indonesia. Di kawasan ini ternyata juga banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bentang alamnya. Dimana saja?

Masjid Bandaraya Kuching

01

Photo credit: bujangmasjid.blogspot.com

Masjid ini adalah masjid terbesar yang ada di Kuching, Sarawak. Sekilas melihat masjid ini, kamu akan langsung merasakan arsitektur India yang sangat kental. Dengan kubah besar sebagai pusat masjid, bangunan ini tampak megah dan kokoh.

Taman Negara Similajau

02

Photo credit: melancong.com

Masih di kawasan Sarawak, terdapat Taman Negara Similajau yang sering jadi tujuan wisata banyak pecinta suasana alam. Taman nasional ini ditetapkan oleh Pemerintah Malaysia sejak tahun 1976 sebagai zona konservasi flora dan fauna endemik. Perpaduan pantai yang cantik serta hutan hijau yng lebat menjadi tujuan utama para wisatawan berkunjung di lokasi ini.

Weston Wetland Park

03

Photo credit: westonwetlandpark.com

Sejak dibuka pada tahun 2006, lokasi ini menjadi salah satu pusat tujuan wisata yang bertujuan untuk memberikan setiap pengunjung pengertian bahwa keberlangsungan flora dan fauna sangat menguntungkan bagi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Di lokasi ini, kamu bisa melihat banyak hewan-hewan menarik seperti bekantan, otter, hingga buaya muara.

Gunung Kinabalu

04

Photo credit: breaktime.co.id

Gunung yang satu ini merupakan gunung paling terkenal di kawasan Malaysia Timur. Gunung ini memiliki bentang alam yang indah. Bila kamu suka mendaki gunung, kamu bisa menjadikan gunung ini sebagai tujuan pendakian selanjutnya yang tentu sangat menarik.

Taman Negara Tunku Abdul Rahman

05

Photo credit: sutra.my

Taman nasional ini terdiri dari lima kepulauan yang terletak di perairan Kota Kinabalu, Sabah. Terbentang seluas 4.929 hektar, dua per tiga kawasan tertutupi oleh lautan. Salah satu pulau yang jadi tujuan paling populer adalah kawasan Pulau Sapi. Pantai di pulau ini sangat cocok untuk snorkeling dan scuba diving karena arusnya tak terlalu besar. Jangan takut tidak ada fasilitas di tempat ini karena penduduk sekitar menyediakan banyak sekali sarana pendukung seperti area piknik hingga toilet. Kamu juga bisa berkemah dan membuat api unggun di kawasan ini setelah meminta izin pada penjaga taman.

Pantai Tanjung Aru

06

Photo credit: nomadisbeautiful.com

Di Kota Kinibalu, kamu bisa mengunjungi Pantai Tanjung Aru. Di pantai ini, kamu dapat menikmati hamparan pasir putih bersih. Kawasan ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi piknik karena area pantai ini cukup luas. Sangat cocok sebagai tempat berlibur keluarga yang takkan terlupakan.

Kokol Hill

07

Photo credit: flickr.com

Mungkin kamu sering mendengar Signal Hill Observatory sebagai tempat sempurna untuk melihat Kota Kinabalu. Namun nyatanya, orang sekitar lebih suka mengamati Kota Kinabalu dari sebuah bukit bernama Kokol Hill. Di kawasan setinggi 825 meter di atas permukaan laut ini, sangat jelas pemandangan Kota Kinabalu lengkap dengan pulau kecil. Bila ingin menuju ke tempat ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan local guide karena lokasi ini masih belum banyak orang yang tahu.

Itulah beberapa lokasi wisata di Malaysia Timur yang dapat kamu jadikan tempat wisata menarik. Jadi, siapa bilang lokasi wisata di Malaysia hanya ada di daerah semenanjung saja? Sekarang, saatnya untuk berkemas dan menuju ke tempat-tempat menarik di atas. Selamat liburan!

Leave a Reply