Tips dan Trik Lancar Menjalani Bulan Ramadan

featured image

Featured image credit: australia.com

Ramadan sebentar lagi, suasana supermarket dan beberapa masjid sudah bersolek menunjukkan manik-manik khas ramadan. Bagi Anda yang beragama muslim, puasa 30 hari penuh di bulan ramadan adalah wajib hukumnya. Lalu untuk Anda yang hobi banget traveling, tentu ramadan bukan Anda anggap sebagai halangan bukan?

Terkadang bagi sebagian orang, traveling di bulan ramadan adalah suatu hal yang berat. Pertama karena cuaca sekarang sedang panas-panasnya, dan poin kedua adalah keterbatasan dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang membuat traveling di ramadan terasa berat. Nah untuk Anda yang sudah merencanakan pergi traveling pada bulan ramadan, berikut adalah beberapa tips dan trik lancar menjalani bulan Ramadan saat traveling.

Sahur tepat waktu

1

Photo credit: alluremedia.com.au

Sebagai informasi, waktu sahur sudah diperhitungkan sejak zaman Nabi Muhammad. Jadi makanan yang diserap pada waktu sahur akan pas untuk digunakan sampai waktu berbuka tiba. Jadi alangkah baiknya Anda bisa sahur tepat waktu. Biasanya orang takut kelewatan tidak sahur, jadi makan malam diperbanyak untuk pengganti sahur. Sebisa mungkin, Anda bisa tidur lebih awal untuk bangun sahur. Jika Anda berada di dalam hotel, Anda bisa meminta room service hotel untuk membangunkan Anda di waktu sahur.

Bawa barang bawaan seringkas mungkin

2

Photo credit: hercampus.com

Jika Anda sedang dalam perjalanan bisnis yang tidak lebih dari 2 hari, mungkin Anda bisa membawa lebih sedikit pakaian. Tetapi bagaimana jika perjalanan bisnis atau wisata Anda dilakukan lebih dari 3 hari? Solusi pertama adalah fokuskan barang pada satu tas. Jadi jika Anda pergi bersama keluarga, Anda bisa membawa satu koper berukuran besar untuk pakaian dan barang seluruh keluarga. Solusi yang kedua adalah taruh semua tas Anda di dalam hotel dan hanya bawa barang berharga Anda ketika bepergian.

Perbanyak istirahat

Man napping on porch in remote area
Photo credit: huffingtonpost.com

Ketika bepergian di bulan ramadan, Anda harus banyak-banyak istirahat. Cuaca yang panas dan perjalanan yang jauh akan membuat badan Anda mudah drop. Jadi gunakan waktu beribadah sebagai waktu istirahat Anda. Misalkan pada saat istirahat shalat dzuhur, Anda bisa mencuri waktu untuk tidur selama 20 sampai 40 menit. Begitu juga ketika tiba sholat ashar, Anda bisa merebahkan badan walau sebentar. Istirahat akan menjadi kunci untuk mengatur kondisi tubuh Anda.

 

Perbanyak minum air putih dan tambahan suplemen

4

Photo credit: huffingtonpost.com

Tips selanjutnya adalah Anda harus memperbanyak minum air putih. Ketika selesai buka puasa, Anda harus sering-sering minum air putih sampai sebelum tidur. Air putih akan membantu mengembalikan cairan yang hilang setelah puasa. Selain itu Anda juga boleh menambah dengan minum suplemen vitamin ataupun penambah energi. Sebelum itu, Anda harus mengetahui kondisi tubuh Anda apakah dirasa perlu suplemen atau tidak.

Gunakan selalu gadget Anda

5

Photo credit: forbes.com

Jika Anda masih bepergian di kawasan Indonesia, mungkin Anda sesekali akan mendengar kumandang adzan. Tetapi jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda tidak akan mendengar adzan sama sekali. Jadi usahakan Anda memanfaatkan gadget untuk melihat waktu imsak, subuh dan juga waktu buka puasa. Sahur dan sholat tepat waktu dan menyegerakan berbuka adalah hal yang baik di dalam bulan ramadan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika harus traveling di bulan ramadan. Entah itu Anda dalan perjalan bisnis ataupun wisata, Anda bisa menggunakan tips di atas agar puasa Anda lancar.

Leave a Reply