Tips Dan Trik Traveling Buat Anak Kostan

Photo header credit: travelalltogether.com

Kemampuan anak kost untuk bertahan hidup setiap bulannya memang luar biasa. Ini karena uang saku yang dimiliki bisa dibilang pas buat makan saja. Hal ini membuat anak kost harus pandai-pandai berhemat. Tak jarang anak kost merasa tidak mampu untuk berangkat liburan. Alasannya, tidak ada ongkos. Apakah kamu merasakan masalah yang sama? Tenang, berikut ini adalah beberapa tips dan trik traveling untuk anak kostan yang bisa kamu coba.

Rencanakan liburan dari awal

Photo credit: travefy.com

Liburan dadakan adalah ide yang sangat buruk bagi anak kost. Tidak adanya rencana liburan yang tepat akan membuat kamu harus bayar lebih semua kebutuhan liburan kamu. Tiket pesawat misalnya, yang seharusnya bisa kamu dapatkan lebih murah dengan diskon early bird ternyata justru membengkak di hari H. Oleh karena itu, ada baiknya bila kamu merencanakan liburan kamu sejak awal. Bagilah kebutuhan kamu sebelum berangkat. Hal ini akan membantu kamu memprediksi pengeluaran kamu selama liburan.

Cari pilihan hotel yang murah

Mungkin ada banyak pilihan hotel di lokasi tujuan wisata kamu saat ini. Namun yang lebih murah, tentu akan sulit untuk dilakukan. Belum lagi bila ternyata hotel murah pilihan kamu telah habis dipesan oleh pengunjung lain. Hal tersebut tidak akan terjadi bila kamu menggunakan ZEN Rooms sebagai cara mencari hotel termurah untuk kamu. Di ZEN Rooms, semua kamar dipastikan kebersihannya. Ini belum termasuk fasilitas serta kenyamanan yang ditawarkan tiap kamar. Kamu juga tidak perlu keliling dari satu hotel ke hotel lain karena ZEN Rooms yang akan memastikan keberadaan kamar pilihan kamu.

Bawa bekal

Photo credit: packit.com

Makan adalah kebutuhan utama manusia. Selama traveling, sangat sering orang kehabisan uang saku hanya karena makan. Ini karena kebanyakan tempat wisata membanderol makanan di lokasi mereka dengan harga yang terlalu mahal. Hal ini tentu akan menjadi masalah besar untuk kamu yang sedang berhemat. Untuk mengatasinya, sediakan stok bahan makanan sebagai bekal nanti ketika liburan. Untuk sarapan mungkin pihak hotel menyediakannya. Di siang hari, kamu bisa bawa bekal sandwich. Malamnya, kamu bisa masak mi instan di kamar hotel. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat pengeluaran sekaligus hemat waktu karena tidak perlu berhenti mencari makan di rumah makan atau café.

Tak perlu beli oleh-oleh

Photo credit: planetandgo.com

Melihat kaus, kacamata, atau pernak-pernik khas lainnya mungkin sangat menyenangkan. Mungkin kamu tertarik untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Sebaiknya hindarilah semaksimal mungkin pengeluaran untuk oleh-oleh. Bila kamu ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman, carilah souvenir yang kecil dan sederhana. Hal ini akan menghindarkan biaya tambahan dari berat ekstra bagasi pesawat.

Cari diskonan atau mungkin gratisan

Photo credit: londonpass.com

Biarkan naluri anak kost kamu keluar. Carilah informasi mengenai diskon untuk masuk ke suatu tempat wisata. Bila perlu, cari lokasi wisata yang gratisan. Dengan begitu, kamu masih bisa menikmati liburan kamu tanpa perlu keluar uang.

Masih beranggapan bahwa anak kostan tidak bisa berlibur dengan nyaman? Selama kamu mengikuti tips dan trik di atas dengan baik, liburan kamu tidak akan terganggu dengan masalah keuangan. Tetap liburan meski kantong pas-pasan, yang penting hati senang. Selamat berlibur!

Leave a Reply