Tips Liburan Rame-rame Dengan Teman Sekantor

Liburan rame-rame dengan teman sekantor atau outing sering diadakan perusahaan untuk membuat hubungan internal antar karyawan lebih erat. Tapi kalau tidak direncanakan dengan baik, acara senang-senang ini malah bisa jadi bencana dan bikin suasana nggak enak. Jadi sebenarnya bagaimana mengatur liburan rame-rame dengan teman kantor agar pas di hati semua orang? Cari tahu caranya di sini!

Buat Tim Penyusun

Hal ini diperlukan untuk memastikan keberhasilan dari perjalanan wisatamu. Tidak semua orang bisa melakukannya, sebaiknya pilihlah orang-orang terbaik yang kamu bisa ajak kerja sama. Bila kamu mengajak bos, ada baiknya untuk mengajaknya bergabung ke dalam tim penyusun ini. Tim ini tidak boleh terdiri dari semua anggota, karena semakin banyak kepala, biasanya sebuah diskusi akan semakin melebar ke mana-mana.

Cari Tempat yang Bisa Dinikmati Semua Orang

Ada baiknya kamu mengajak bagian personalia ke dalam tim penyusun, hal ini disebabkan karena tim personalia biasanya mengetahui apa-apa saja yang kurang disukai oleh anggota kantor. Misal, ada yang fobia dengan laut atau ada yang fobia ketinggian, serangga, alergi dingin dan lain-lain. Hal ini harus kamu pahami agar tidak menjadi beban bagi para anggota wisata yang memiliki fobia atau alergi tertentu. Pahamilah bahwa, memang ini adalah liburan untuk semua orang, namun tidak ada salahnya untuk membahagiakan semua juga, kan? Daripada nantinya terjadi gosip yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu ketahui dulu apa-apa saja yang tidak bisa dilakukan oleh para peserta outing ini.

Sebisa Mungkin Temukan Penginapan yang Memiliki Dapur

Daripada menghabiskan biaya untuk makan di tempat wisata yang cenderung mahal, ada baiknya bagi kamu dan tim penyusun perjalanan wisata untuk mencari penginapan dengan dapur. Selain hal ini dapat mengurangi biaya konsumsi, kamu juga akan menjadi lebih akrab dengan semua orang. Usahakan untuk mengajak semuanya berpartisipasi dalam memasak, bila nantinya ada rasa yang tidak pas di lidah pun bisa menjadi memori yang tak terlupakan olehmu. Oh ya, bila kamu menemukan tempat dengan fasilitas barbecue sebaiknya kamu ambil saja tempat itu. Salah satu kegiatan paling seru saat berwisata itu memasak barbecue, lho!

Siapkan Jam Bebas

Sebuah kiriman dibagikan oleh mui mui (@muichai88) pada

Jam bebas cukup penting bagi perjalanan wisata grup. Jangan penuhi jadwalmu dengan kegiatan yang sifatnya mengikat karena para anggota perjalanan wisata pasti ingin meluangkan waktu untuk mereka sendiri. Jam bebas bisa dimanfaatkan mereka untuk pergi belanja atau sekadar jalan-jalan menyusuri daerah wisata. Jam bebas ini pun bisa menjadi hal yang mengakrabkan para anggota kantor, mereka bisa bercengkrama dengan baju kasual dan tanpa terikat oleh pekerjaan sementara waktu. Kalau bisa, gunakan jam bebas di waktu siang hingga sore hari karena bila terlalu malam, mereka tidak akan memiliki waktu belanja yang cukup. Jangan lupa juga untuk menentukan jam berapa rombongan harus bertemu kembali di titik pertemuan untuk lanjut ke acara berikutnya.

 

Tidak Menggunakan Guide Bisa Menjadi Opsi yang Baik

Kalau kamu berwisata ke daerah domestik saja, disarankan untuk tidak menggunakan guide. Hal ini dilakukan agar kamu benar-benar menikmati waktu di tempat wisata dengan sepenuhnya. Tapi sebelum berangkat, kamu dan tim sudah harus membuat riset dan itinerary yang matang ya.

Leave a Reply