Tips Membuat Rancangan Liburan

High angle view of people communicating at table with their devices

Pernah merancang liburan bersama teman-teman atau keluarga? Pasti hasilnya kalau tidak sebatas wacana, ya kekurangan orang untuk berangkat liburan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mengakibatkan Anda tidak jadi liburan. Faktor pertama, teman-teman yang Anda ajak liburan memang tidak niat untuk pergi liburan dan faktor kedua adalah rancangan liburan Anda kurang matang.

Biasanya rancangan liburan ini hanya sebatas destinasi dan tanggal kira-kira akan berangkat. Padahal ada banyak sekali rancangan liburan yang harus Anda siapkan, termasuk biaya dan transportasi sampai penginapan. Jadi, untuk Anda yang sulit membuat rancangan liburan, tidak perlu khawatir. Sekarang kami akan bagi bagaimana caranya membuat rancangan liburan yang terstruktur dan rapi.

Tentukan destinasi liburan

1

Photo credit: bostinno.streetwise.co

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan destinasi liburan. Ada banyak sekali destinasi liburan di Indonesia, mulai dari Bandung, Puncak Bogor, Yogyakarta, Malang, Surabaya sampai Bali. Di kota-kota tersebut ada banyak tempat liburan yang anti-mainstream. Di Bandung bukan hanya Dago, tetapi Anda bisa menjelajah Lembang untuk menikmati keindahan alam daerah tersebut. Begitu juga Puncak Bogor, Surabaya ataupun Bali. Kota-kota tersebut memang mainstream, tetapi banyak sekali wisata baru yang bisa Anda jelajahi.

Tentukan tanggal dan waktu yang pasti

2

Photo credit: www.greetcon.com

Untuk menentukan tanggal berangkat liburan, biasanya menunggu libur panjang atau long weekend. Tetapi jika Anda ingin liburan yang tidak terlalu ramai, Anda bisa menggunakan waktu di akhir pekan. Untuk mendapatkan waktu yang panjang, Anda bisa berangkat hari jumat malam dan pulang minggu sore. Jadi Anda bisa mendapatkan waktu liburan sekitar 3 hari 2 malam. Setelah menentukan  tanggal dan waktu, Anda bisa langsung menentukan jam berangkat. Menentukan jam berangkat akan memudahkan Anda merancang waktu liburan secara detail.

Penjadwalan wisata yang mendetail

3

Photo credit: lovethesearch.com

Setelah mendapatkan destinasi wisata dan tanggal yang pasti, sekarang saatnya melakukan penjadwalan yang mendetail. Misalnya Anda memutuskan untuk pergi Lembang Bandung. Jadi Anda bisa memulai untuk melakukan penjadwalan, misalnya hari pertama berkunjung ke Tangkuban Perahu. Lalu hari kedua piknik ke kawasan Bosscha Lembang. Baru setelah hari ketiga, Anda bisa membeli oleh-oleh di kawasan kota Bandung. Penjadwalan secara mendetail ini juga akan mempengaruhi teman-teman Anda untuk ikut.

Penginapan

4

Photo credit: zenrooms.com

Masalah penginapan biasanya adalah hal yang paling diributkan ketika akan berangkat liburan. Jadi solusinya, Anda bisa memberikan beberapa opsi penginapan sebelum berangkat liburan. Opsi tersebut adalah memilih tempat penginapan yang dekat dengan tempat wisata atau yang berada di pusat kota. Untuk penginapan di dekat tempat wisata, seperti Lembang, memang sedikit mahal tetapi Anda menghemat transportasi. Tetapi jika Anda memutuskan untuk tinggal di tengah kota, Anda bisa mencoba Zen Rooms yang menyediakan banyak penginapan dengan fasilitas yang menarik.

Budget liburan

5

Photo credit: www.tmb.ie

Hal terakhir yang harus Anda masukkan ke dalam perencanaan liburan adalah budget liburan. Dengan sudah menentukan destinasi wisata, jadwal liburan, transportasi, dan penginapan, itu berarti Anda sudah bisa memperkirakan berapa biaya yang akan Anda habiskan ketika liburan tiba. Jadi ada baiknya Anda membuat budgeting secara detail, berapa dan apa saja yang harus dikeluarkan untuk pergi liburan. Jika Anda merasa terlalu mahal, Anda bisa mengurangi budget liburan di destinasi wisata.

Leave a Reply