Tips Pintar Menyiasati Belanja Keperluan Lebaran

Photo credit: @dsfsocial

Nggak kerasa sudah lebih dari separu bulan Ramadan kita lalui. Ya, itu tandanya Lebaran sudah hampir dekat! Sebagian dari kamu mungkin sudah menerima THR dan siap untuk membelanjakannya. Eits… sebelum kebablasan belanja dan tahu-tahu tak terasa uang THR hanya lewat tak berarti begitu saja, ada baiknya simak beberapa tips dari kami.

  1. Jangan Gengsi dengan Diskon

Seperti tradisi, tiap menjelang Hari Raya Idul Fitri berbagai pusat perbelanjaan  gencar melancarkan diskon besar-besaran. Nah, manfaatkanlah momen tersebut untuk berbelanja berbagai keperluan hari raya. Dan khusus buat kamu yang tinggal di Jakarta, sejak awal bulan Juni bahkan berlangsung Jakarta Great Sale yang tidak hanya diikuti oleh mal-mal besar, namun pasar tradisional sekalipun! Perhatikan juga jadwal midnight sale, karena potongannya bisa lebih gila-gilaan lagi.

  1. Pilih Waktu yang Tepat

Sebisa mungkin, hindari berbelanja keperluan lebaran di akhir pekan atau hari libur. Mengapa? Karena semua orang melakukannya! Kebayang kan betapa ramai dan sesaknya pusat-pusat perbelanjaan. Selain bikin kamu nggak nyaman, berbelanja dengan serba terburu-buru dan antrean panjang juga bisa bikin kita tidak bijaksana dalam memilih barang yang hendak dibeli demi alasan “supaya cepet kelar”. Jika memungkinkan, manfaatkan waktu istirahat kantor. Kalau tidak, lakukanlah sepulang kantor atau di malam-malam weekdays.

  1. Belanja Online? Kenapa Tidak?

Malas berdesak-desakan di mal? Di jaman modern ini, kamu tinggal buka hape dan bisa berbelanja apa pun yang kamu inginkan. Tapi ingat, pilihlah online store yang terpercaya dan jangan malas untuk membaca review dan  ‘rewel’ bertanya spesifikasi barang kepada si penjual agar kamu tak dikecewakan dengan barang yang tak sesuai harapan. Oh iya, karena barang-barang yang dibeli lewat online shopping akan dikirimkan melalui paket, sebaiknya jangan berbelanja terlalu mepet, karena semakin mendekati hari H, jasa layanan pengiriman akan sangat sibuk!

  1. Beli Baju yang Bisa Dipakai Lagi Saat Lebaran Usai

Lebaran memang identik dengan baju baru. Tapi coba cek deh lemari pakaian kamu, apakah masih ada baju lebaran dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya dipakai setahun sekali saja? Mubazir kan? Pilihlah baju lebaran yang modelnya memungkinkan untuk dikenakan di hari-hari lain. Alternatifnya, pilih baju lebaran yang mudah dipadu-padankan supaya kamu bisa berulang-ulang memakainya dan selalu berkesan baru.

  1. Buat Prioritas

Meski di daftar ini kami letakkan terakhir, namun ini yang paling penting. Klise sih memang, tapi yang satu ini WAJIB hukumnya. Sebaiknya, begitu kamu mendapat THR, sisihkan dulu sebagian untuk zakat dan sedekah, serta membayar utang (terutama kartu kredit!). Sisanya baru boleh kamu belanjakan untuk baju baru, kue lebaran, sampai oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

 

 

Leave a Reply