Tips Tetap Fit Menjalankan Ramadan

HeaderHeader Photo Credit: travelreadymd.com

Saat Ramadan, umat islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan. Mau tidak mau, tubuh pun harus menyesuaikan diri karena tidak adanya asupan energi yang masuk dari pagi hingga sore hari, padahal Anda masih harus beraktivitas seperti biasa. Apabila tidak melakukan sedikit adaptasi, bukan tidak mungkin Anda akan merasa lemas dan aktivitas pun terganggu. Oleh sebab itu, simak beberapa tips berikut ini agar tetap fit saat menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

Jangan Lewatkan Sahur

1. Jangan Melewatkan Sahur

Photo Credit: thestar.com

Sahur dapat diibaratkan sebagai sarapan yang akan “membangunkan” metabolisme dalam tubuh Anda agar dapat bekerja secara maksimal. Sahur jugalah yang akan memberi Anda asupan energi dan tenaga. Jadi, jangan pernah menyepelekan manfaat sahur, apalagi melewatkannya. Anda juga tidak disarankan untuk menggabungkan sahur dengan makan malam hanya karena merasa enggan untuk bangun pada dini hari. Saat sahur, hindari makanan yang mengandung minyak berlebih karena akan membuat Anda merasa cepat haus saat puasa. Fast food, gorengan, dan makanan pedas juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur karena berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan ketika Anda sedang berpuasa.

Segerakan Berbuka

2. Segerakan Berbuka

Photo Credit: qalbunsalim.com

Begitu mendengar adzan Maghrib berkumandang, biasakan diri untuk segera berbuka puasa. Konsumsi makanan atau minuman manis terlebih dahulu, seperti kurma, kolak, atau teh manis untuk memulihkan energi yang hilang selama berpuasa. Sebaiknya, Anda melakukan ibadah shalat Maghrib sebelum menyantap makanan utama agar perut tidak “kaget” setelah kosong seharian. Perlu diingat pula bahwa buka puasa bukanlah ajang untuk “balas dendam” sehingga Anda tidak mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke perut. Berbukalah dengan porsi yang cukup karena jika terlalu kenyang, Anda akan merasa malas untuk melakukan hal-hal lain setelah berbuka puasa.

Cukupi Asupan Air Mineral

3. Cukupi Asupan Air Mineral

Photo Cresit: shepleyspring.co.uk

Hanya karena tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan dan minuman jenis apapun selama kurang lebih empat belas jam, bukan berarti Anda tidak dapat mencukupi asupan air mineral pada tubuh. Justru asupan air mineral yang cukup sangat penting agar Anda tidak terkena dehidrasi ketika menjalankan puasa. Saat berbuka puasa, minumlah dua gelas air mineral untuk mengganti cairan yang hilang dalam tubuh. Pada malam hari, kira-kira setelah waktu tarawih hingga menjelang tidur, kembali konsumsi air mineral sebanyak empat gelas. Lengkapi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi dua gelas air mineral saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan delapan gelas air mineral dalam sehari masih dapat terpenuhi.

Olahraga Ringan

4. Olahraga Ringan

Photo Credit: canberra.edu.au

Puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Meskipun sedang berpuasa, Anda masih harus melakukan olahraga agar tubuh tetap fit. Lakukan saja olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda sesaat sebelum berbuka puasa atau satu jam setelahnya. Jangan melakukan olahraga pada siang hari karena hanya akan menguras energi dan meningkatkan hormon katabolis yang dapat merusak otot. Tidak perlu lama-lama melakukan olahraga, cukup selama 20-30 menit agar tubuh tidak terlalu diforsir. Di samping itu, tetaplah beraktivitas normal seperti jadwal di luar bulan Ramadan. Bermalas-malasan hanya akan membuat tubuh Anda lemas dan tidak maksimal menjalankan ibadah puasa.

Jaga Pola Tidur

A man sleeping
Photo Credit: myhousecallmd.com

Saat bulan Ramadan, bukan hanya kondisi perut yang harus melakukan adaptasi, namun juga pola tidur. Karena harus sahur, Anda pun bangun lebih awal dari jadwal sehari-hari, membuat waktu tidur Anda berkurang. Tenang saja, Anda masih dapat menjaga pola tidur agar mampu beraktivitas secara maksimal selama berpuasa. Meskipun tidak ada istirahat makan siang di kantor, usahakan untuk mengambil waktu break selama 15-20 menit untuk merebahkan diri sejenak. Anda dapat melakukannya setelah ibadah salat Dzuhur. Ketika sedang libur, gunakan waktu selama 1-2 jam untuk tidur siang agar energi dapat terkumpul. Namun, jangan terlalu banyak tidur karena hanya akan membuat Anda malas.

Berpuasa selama Ramadan memang memberikan beberapa pengaruh tertentu pada tubuh, memaksa Anda untuk melakukan adaptasi. Meski begitu, Anda dapat menyiasatinya dengan menerapkan tips-tips di atas agar tetap fit selama Ramadan. Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa!

Leave a Reply