Tips Traveling Menyenangkan

Headerhttp://images.huffingtonpost.com/2015-03-20-1426853494-9761329-iStock_000026246607_Large.jpg

Setiap orang memiliki standar tersendiri dalam melakukan traveling. Anda mungkin selalu memiliki playlist khusus untuk didengarkan selama perjalanan, beberapa traveller lain bisa saja lebih memilih suasana yang sunyi untuk menikmati pemandangan. Apapun itu, ada beberapa hal umum yang harus Anda perhatikan agar aktivitas traveling Anda berjalan menyenangkan. Memang, tidak ada yang dapat menduga kejadian apa saja yang akan Anda hadapi ketika traveling nanti, namun setidaknya tips traveling menyenangkan ini akan menghindarkan Anda dari bad mood.

Melakukan Riset

1. Melakukan Risethttp://www.photoflytravel.org/images/2012/12/trip-planning.jpg

Entah itu traveling sebagai seorang backpacker atau menggunakan koper, menyusun itinerary atau tidak, riset sebelum berangkat harus tetap dilakukan. Lakukan tips ini beberapa minggu sebelumnya. Terlebih jika Anda pergi ke luar negeri yang budayanya jauh berbeda dari Indonesia, tentu riset tentang penduduk lokal wajib hukumnya untuk dilakukan. Cari tahu pula musim apa yang sedang terjadi di negara tujuan Anda. Apabila berencana untuk mengunjungi beberapa tempat wisata, catat jam operasionalnya agar Anda tidak harus kecewa ketika sampai di sana namun jam operasional telah tutup. Setidaknya, catatlah hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan di negara tersebut agar tidak menimbulkan masalah dengan penduduk lokal.

Packing Seadanya

Why check a bag, ever, when I can fit what I need for up to a month in a single rollaboard and second small bag?

http://images.huffingtonpost.com/2014-09-03-5712732620_2b0474226b_o.jpg

Riset tidak hanya berfungsi ketika Anda telah berada di destinasi traveling, namun juga penting untuk proses packing. Melalui riset, Anda akan tahu harus membawa barang-barang apa saja untuk traveling. Anda tentu tidak akan membawa jaket tebal jika hendak traveling ke Surabaya yang dikenal sebagai kota berhawa panas, bukan? Ketika packing, ingatlah prinsip less is more. Tidak perlu membawa terlalu banyak barang yang tidak perlu apabila mereka hanya akan menambah beban bawaan Anda. Selain itu, sebaiknya masukkan pakaian dengan cara digulung untuk menghemat ruang pada ransel atau koper. Bawalah satu tas kecil yang mudah dibawa untuk menyimpan barang-barang seperti charger ponsel, kamera, power bank, dan dompet.

Hindari Musim Liburan

3. Hindari Musim Liburanhttps://hbr.org/resources/images/article_assets/2015/05/MAY15_26_hbr_nguyen_img_079.jpg

Saat musim liburan, mayoritas akomodasi traveling mengalami peningkatan harga. Coba saja cek harga pesawat tujuan Yogyakarta saat perayaan Waisak atau harga penginapan di Medan ketika Festival Danau Toba digelar, peningkatannya mungkin bisa menjadi dua kali lipat. Apabila memiliki waktu yang fleksibel, sebaiknya Anda melakukan traveling di luar musim liburan (off season) untuk menghemat biaya. Tenang saja, traveling saat off season tidak akan mengurangi esensi berlibur, justru hal ini akan membuat Anda lebih leluasa untuk menjelajah karena sepinya kondisi destinasi wisata. Anda tidak perlu mengantri terlalu lama untuk membeli tiket menuju sebuah museum atau berdesakan membeli souvenir oleh-oleh.

Berjalan Kaki untuk Berjelajah

4. Berjalan Kaki untuk Berjelajahhttp://blog.fongo.com/wp-content/uploads/2015/09/city-traveller-street.png

Saat traveling, Anda memang bebas memilih cara untuk menikmati kota destinasi Anda. Anda dapat bergabung dengan agen travel, menyewa jasa guide, atau menaiki bus khusus tur. Namun, sebenarnya tidak akan ada yang dapat mengalahkan sensasi berjalan kaki untuk membawa Anda ke tempat-tempat baru. Ketika baru sampai di kota destinasi, habiskan beberapa waktu awal untuk berjalan kaki menyusuri area sekitar penginapan. Apabila Anda berada di kota besar, pilih beberapa restoran atau kedai kopi untuk dicoba dan buatlah reservasi di sana. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui lokasi taman, museum, atau area-area lain yang ingin dikunjungi. Jadi, keesokan harinya, Anda dapat segera mengunjungi area-area tersebut tanpa merasa bingung.

Berbaur dengan Warga Lokal

5. Berbaur dengan Warga Lokal
http://leaveyourdailyhell.com/wp-content/uploads/2014/12/Rwanda-6.jpg

To travel is to broaden your mind. Berbaur dengan warga lokal adalah salah satu cara paling ampuh yang bisa Anda lakukan. Selama menyusuri jalanan di kota destinasi, sempatkan untuk berbaur dengan beberapa warga lokal meskipun hanya sekadar menanyakan alamat. Biasanya, hal tersebut akan membawa Anda pada obrolan lain. Siapa tahu mereka dapat memberikan rekomendasi destinasi wisata yang belum terlalu mainstream untuk dikunjungi, bukan? Akan lebih istimewa lagi apabila Anda saling bertukar kontak dengan penduduk lokal. Meskipun traveling telah selesai, komunikasi dengan mereka masih terus berjalan. Jumlah teman pun jadi bertambah!

Selain kelima tips di atas, hal lain yang tidak kalah penting untuk membuat traveling menjadi menyenangkan adalah tempat penginapan yang nyaman. Bagaimanapun juga, kualitas tidur yang baik akan berpengaruh pada aktivitas traveling Anda keesokan harinya. Zen Rooms dapat menjadi pilihan yang tepat untuk tempat penginapan Anda. Tidak hanya nyaman, harganya pun benar-benar terjangkau untuk kondisi kantong.

 

Leave a Reply