Tips Traveling Murah di Bali

Headerhttps://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4f/Besakih_Bali_Indonesia_Pura-Besakih-02.jpg

Bali menjadi salah satu destinasi dalam negeri favorit yang dipilih oleh orang-orang Indonesia untuk melakukan traveling. Rasanya ada saja area-area tersembunyi yang menarik untuk dieksplor. Namun, bagaimana jika keinginan Anda ini terhalang oleh kondisi budget yang terbatas? Jangan khawatir, Bali lebih dari sekadar tempat nongkrong mewah dan resort bintang lima. Anda dapat menjelajah Bali dengan budget pas-pasan selama menerapkan tips traveling murah di Bali berikut ini.

Hindari Weekend dan Musim Liburan

1. Hindari Weekend dan Musim Liburan

https://venusgoesgidget.files.wordpress.com/2013/03/is-it-bali-season-yet.jpg

Saat musim liburan dan weekend (peak season), para agen travel, hotel, dan maskapai penerbangan memanfaatkan tingginya tingkat antusiasme orang-orang untuk berlibur dengan mengubahnya menjadi pemasukan tambahan. Akibatnya, harga yang dipatok pun meningkat, bahkan bisa menjadi dua kali lipat. Jika ingin melakukan traveling murah di Bali, hindari masa-masa peak season tersebut. Lagi pula, saat sedang tidak musim liburan (off season), situasi kota Bali pasti tidak akan seramai biasanya, membuat Anda lebih leluasa untuk mengeksplor area-area tertentu tanpa harus berdesakan dengan traveller lain. Selain itu, apabila Anda pergi ke Bali menggunakan pesawat, pesanlah tiket untuk penerbangan malam hari karena harganya lebih murah apabila dibandingkan dengan penerbangan pagi atau siang hari.

Susun Itinerary Sesuai Lokasi

2. Susun Itinerary Sesuai Lokasihttp://cdn1.bostonmagazine.com/wp-content/uploads/2015/08/shutterstock_honeymoon-planning.jpg

Karena jumlah budget yang terbatas, mau tidak mau Anda harus merencanakan itinerary yang telah disesuaikan dengan budget tersebut. Berkelana secara spontan memang mengasyikkan, namun hal tersebut biasanya hanya akan membuat Anda melakukan pengeluaran yang tak terduga pula. Sebelum berangkat, usahakan untuk membuat itinerary harian yang disesuaikan dengan lokasi destinasi. Misalnya, Anda menginap di Bali selama empat hari tiga malam. Gunakan hari pertama hanya untuk menyusuri kawasan Ubud. Tulislah daftar tempat yang ingin Anda kunjungi selama di sana. Aplikasikan tips ini untuk hari-hari berikutnya pula. Hal ini dapat membuat Anda menghemat biaya bensin dan transportasi.

Menyewa Sepeda Motor

3. Menyewa Sepeda Motorhttp://www.volunteerbali.org/files/2014/04/Hindu-Family-Bali.jpg

Lalu, transportasi apa yang harus Anda gunakan untuk traveling selama di Bali? Karena merupakan destinasi wisata, Bali memiliki banyak opsi menarik, namun jika ingin melakukan traveling murah, sebaiknya Anda menyewa sepeda motor. Umumnya, tarif per hari mencapai Rp 70.000, tentu jauh lebih murah dari mobil yang mematok tarif sewa sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000 per sepuluh jam. Lagi pula, menyewa sepeda motor dapat memungkinkan Anda untuk menjangkau area-area terpencil yang mungkin tidak dapat dilewati oleh mobil. Anda juga bisa berjalan kaki apabila lokasi yang hendak dituju tidak terlalu jauh dari tempat penginapan.                                                                                                                                            

Penginapan Berharga Murah

4. Penginapan Berharga Murahhttp://exp.cdn-hotels.com/hotels/16000000/15110000/15104500/15104450/15104450_43_z.jpg

Menikmati keindahan Bali tidak harus dari hotel atau resort mewah berbintang lima. Karena ramai dikunjungi oleh para turis backpacker, Bali menawarkan banyak tempat penginapan berharga murah. Biasanya, tempat penginapan ini berupa guest house atau rumah penduduk yang menyewakan beberapa kamar mereka. Jika merasa ragu untuk menginap di tempat tersebut, Anda dapat memesan kamar yang disediakan oleh Zen Rooms. Bekerja sama dengan tempat-tempat penginapan di berbagai kawasan di Bali, kamar milik Zen Rooms memiliki fasilitas yang nyaman, aman, namun harganya tidak kalah murah dengan guest house tersebut. Anda bahkan bisa melakukan booking secara online, jadi ketika sampai di Bali, Anda tidak perlu bingung memilih tempat penginapan.

Belanja Oleh-Oleh di Pasar

5. Belanja Oleh-Oleh di Pasar

http://3.bp.blogspot.com/-iDWMjrf2N5E/U-nHwaEXFfI/AAAAAAAALNQ/Md39PUtoYpI/s1600/sukawati1.jpg

Saat mengitari Bali, Anda akan bertemu dengan berbagai pusat oleh-oleh di berbagai ruas jalanannya, mulai dari toko besar hingga pedagang kaki lima. Jika memang Anda berniat untuk membawa oleh-oleh dari Bali, jangan membelinya di sana karena Anda bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga jauh lebih murah di sejumlah pasar seni di Bali. Pilihannya pun tidak kalah banyak dan beragam, bahkan bukan tidak mungkin jika toko-toko tersebut sebelumnya juga membeli di pasar seni yang sama. Beberapa pasar seni yang dapat Anda kunjungi di Bali adalah Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Tanah Lot, dan Pasar Kumbasari.

Ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan agar dapat melakukan traveling murah di Bali, yakni membagi budget menjadi beberapa pos. Pisahkan anggaran akomodasi dari anggaran kuliner, membeli oleh-oleh, dan tiket masuk tempat wisata. Bawa uang cash seperlunya agar lebih aman dan meminimalisir keinginan untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Happy traveling!

Leave a Reply