Tips Traveling Sambil Puasa

HeaderHeader: havehalalwilltravel.com

Anda mungkin sudah sering mendengar kalimat yang menganjurkan kita untuk tidak menjadikan puasa sebagai alasan enggan melakukan sesuatu. Nah, traveling adalah salah satunya. Hanya karena sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, bukan berarti Anda tidak dapat melakukan traveling. Persiapan yang harus dilakukan tentu akan sedikit berbeda dari biasanya, namun petualangan Anda pasti akan tetap berjalan seru dan lancar selama menerapkan beberapa tips traveling sambil puasa berikut ini.

Sesuaikan Destinasi Traveling

1. Sesuaikan Destinasi Traveling

Photo Credit: passportandplates.com

Beberapa traveller biasanya suka pergi traveling secara spontan. Apabila Anda salah satu di antaranya, urungkan dulu niat tersebut karena dapat berpengaruh terhadap ibadah puasa Anda. Tanpa persiapan, Anda tidak dapat menilai apakah situasi di destinasi traveling sesuai dengan kondisi tubuh Anda yang sedang berpuasa. Misalnya, Anda tiba-tiba mendapat ide untuk mengunjungi Norwegia, yang waktu puasanya bisa mencapai 21 jam. Apabila tidak melakukan riset sebelumnya, Anda pasti akan kaget ketika sampai di sana dan tubuh tidak kuat untuk melakukan ibadah puasa Ramadan selama itu. Jadi, lakukan persiapan yang cukup sebelum Anda memutuskan untuk traveling ke destinasi tertentu.

Bawa Perlengkapan Seringkas Mungkin

Why check a bag, ever, when I can fit what I need for up to a month in a single rollaboard and second small bag?
Photo Credit: huffingtonpost.com

Inilah alasan lain mengapa Anda harus β€œlibur” traveling secara spontan selama Bulan Ramadan. Dengan menentukan destinasi traveling secara matang, Anda bisa menyesuaikan perlengkapan apa saja yang hendak dibawa. Siapkan perlengkapan seringkas mungkin di dalam tas agar Anda tidak merasa terlalu berat ketika membawanya. Semakin berat perlengkapan yang dibawa, semakin cepat Anda merasa letih sehingga tenaga pun mudah terkuras. Padahal, saat Ramadan, tubuh Anda telah kehilangan energi secara natural karena tidak adanya asupan makanan dan minuman seperti biasa. Jadi, prioritaskan kenyamanan Anda dengan membawa perlengkapan seperlunya dan tidak memberatkan tubuh.

Sahur dengan Porsi Secukupnya

3. Sahur dengan Porsi Secukupnya

Photo Credit: katrinkaabroad.com

Di manapun Anda sedang berada dan ke manapun destinasi traveling yang dituju, jangan pernah melewatkan sahur. Sahur inilah yang menjadi bekal energi utama Anda untuk berkelana. Dengan menyantap menu sahur, Anda akan mampu berkeliling ke tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi. Meski begitu, siapkan porsi makan sahur secukupnya. Jangan terlalu memenuhi perut hanya karena Anda ingin menimbun energi. Bukannya semakin merasa kuat, bisa-bisa Anda justru mengantuk karena kekenyangan. Itinerary yang telah Anda susun pun berantakan karena ketiduran selepas sahur. Rutin mengonsumsi madu saat sahur sudah cukup untuk menambah energi tubuh Anda.

Hindari Aktivitas Ekstrim

4. Hindari Aktivitas Ekstrim

Photo Credit: stateeitc.com

Saat traveling, biasanya kita ingin melakukan hal-hal berbau ekstrim. Namanya juga traveling, tentu wajib hukumnya mencoba aktivitas-aktivitas yang bisa membuat Anda disebut sebagai petualang. Namun, selama Ramadan, sebaiknya Anda mengurangi aktivitas ekstrim tersebut agar ibadah puasa tidak terkendala. Memang, tidak ada yang mengatakan bahwa orang berpuasa tidak bisa mendaki gunung, tetapi aktivitas hal tersebut akan sangat menguras energi. Sedangkan, tenaga Anda sendiri pun sedang tidak maksimal karena berpuasa. Sebaiknya, Anda mengalihkan niat tersebut pada aktivitas-aktivitas lain yang tidak ekstrim namun masih tetap seru. Bermain di pantai atau mengunjungi museum lokal juga tidak kalah mengasyikkan, kok!

Ibadah Harus Terus Jalan

5. Ibadah Harus Terus Jalan

Photo Credit: ibtimes.com

Konon, selama Ramadan, segala perbuatan baik yang Anda lakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Oleh sebab itu, meski sedang traveling, jangan sampai lupa untuk tetap beribadah. Sama halnya dengan puasa yang tidak menjadi halangan untuk traveling, traveling juga seharusnya tidak membuat Anda melalaikan kewajiban untuk beribadah. Lagipula, waktu untuk beribadah ini bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat sejenak agar tubuh kembali siap dan segar dalam melanjutkan perjalanan. Dengan begitu, kepuasan fisik dan rohani bisa Anda dapat secara bersamaan.

Terbukti kan, puasa pada bulan Ramadan bukan menjadi alasan untuk tidak pergi traveling? Tunggu apa lagi, segera ambil koper atau backpack Anda dari tempat penyimpanan dan masukkan perlengkapan secukupnya. Jangan lupa untuk tetap melakukan riset agar siap dengan situasi destinasi traveling Anda. Happy traveling!

Sudah siap traveling saat puasa? Pesan kamar di ZEN Rooms untuk menikmati kamar nyaman dan harga murah!

Pesan Kamar ZEN Rooms

One thought on “Tips Traveling Sambil Puasa

  1. Its such as you read my mind! You appear to grasp a lot about
    this, like you wrote the ebook in it or something.
    I think that you could do with a few p.c. to power
    the message house a little bit, however other than that, this is fantastic blog.
    A great read. I will definitely be back.

Leave a Reply