Tradisi Perayaan Natal yang Unik Di Seluruh Dunia

Tradisi atau budaya berkembang secara alami di setiap daerah, setiap negara atau bahkan setiap manusia. Termasuk tradisi merayakan natal, ternyata tidak semua negara ini mempunyai perayaan yang sama. Tidak usah jauh-jauh, merayakan natal di Jakarta dan di daerah Indonesia Timur seperti Makassar ataupun Ambon tentu berbeda. Apalagi di luar negeri? Tentu mereka mempunyai tradisi perayaan natal yang berbeda bahkan bisa dibilang cukup unik.

Sekarang akan dibahas, tradisi perayaan natal yang unik di seluruh dunia. Bagaimana tradisi tersebut?

Pohon natal di India dari pohon pisang

Photo credit: chrisgoestoindia.wordpress.com

Sebagai negara tropis, tentu cukup sulit untuk menemukan pohon cemara. Jadi masyarakat India ini mengakali pohon natal dengan pohon pisang. Iklim di India sebenarnya sama dengan Indonesia, yaitu banyak musim kemarau. Tetapi bedanya, orang yang merayakan natal di India ini cukup sedikit, populasi masyarkat kristiani di India hanya 2-3% saja.

Natal musim panas di Australia

Photo credit: warm1069.com

Di Amerika Serikat maupun di Eropa setiap datangnya natal pasti dibarengi dengan musim dingin, tetapi tidak di Australia. Dengan posisi yang berada di bumi bagian paling selatan, Australia ini ketika natal datang memasuki musim panas. Jadi ketika semua orang Eropa dan Amerika Serikat berkumpul di dalam rumah atau restoran, orang Australia ketika natal tiba mereka memilih berjemur di pantai.

Tidak ada pohon natal di rumah di Tiongkok

Photo credit: whydyoueatthat.wordpress.com

Selanjutnya perayaan natal di Tiongkok yang ternyata di setiap rumah orang kristiani ini tidak ada pohon natalnya lho. Cukup wajar karena jumlah orang kristiani di Tiongkok ini hanya 1 persen dari total jumlah penduduk. Tetapi jangan salah, di kota-kota besar pasti semuanya menjadi demam natal. Pohon natal besar bisa dilihat di pusat perbelanjaan besar. Kalaupun ada pohon natal di rumah, pohon natalnya dibuat dari kertas.

Pergi ke gereja menggunakan sepatu roda di Venezuela

Photo credit: flickr.com

Ada lagi tradisi unik natal di Venezuela, tepatnya di Caracas. Setiap tanggal 16 Desember sampai 24 Desember, semua orang akan pergi ke gereja untuk merayakan natal. Nah di beberapa daerah di Caracas, orang tua maupun anak kecil akan pergi ke gereja dengan menggunakan sepatu roda. Tradisi ini sudah berlangsung puluhan tahun dan disebut sebagai mengganti kaos kaki yang dipasang di perapian.

Di Norwegia kedatangan nenek sihir

Photo credit: fiftydegreesnort.com

Ada tradisi natal unik lainnya di Norwegia. Ternyata semua orang di sana masih takut terhadap nenek sihir, jadi ketika natal tiba mereka akan menyembunyikan sapu lidi mereka, takut diambil oleh nenek sihir. Nenek sihir memang sangat lekat hubungannya dengan sapu lidi yang di dalam cerita tradisional merupakan kendaraan bagi nenek sihir untuk menculik manusia.

Cukup unik bukan tradisi natal di seluruh dunia. Apakah ada tradisi unik di daerah kamu?

Leave a Reply