Warisan Budaya Indonesia yang Terkenal di Dunia

Bicara tentang tempat wisata, Indonesia tentu jadi salah satu tujuan wisata terindah di dunia. Bagaimana tidak? Negara kepuauan ini memiliki berbagai situs yang dianggap sebagai situs kekayaan dunia yang harus dijaga banyak orang, dan tentunya juga populer di kalangan turis asing. Inilah lima warisan budaya Indonesia yang terkenal di dunia.

 

Candi Borobudur

Bangunan yang berdiri pada abad ke-9 ini biasa juga disebut sebagai Barabudur. Terletak di Magelang, bangunan ini juga dikenal sebagai candi agama Buddha terbesar di dunia. Tempat ini juga masih digunakan untuk upacara agama. Setahun sekali umat Buddha merayakan Waisak di tempat ini. Dibangun pada dinasti Syailendra, Candi Borobudur merupakan salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi baik bagi wisatawan domestik maupun internasional.  Rasanya tidak sah mengunjungi Magelang bila kamu tidak bertandang ke Candi Borobudur.

Di daerah Candi Borobudur juga banyak penginapan murah, lho. Kamu bisa mengunjungi website ZEN Rooms untuk mendapatkan beberapa promo penginapan mulai dari Rp150 ribu di daerah Yogyakarta.

 

Candi Prambanan

Dikenal juga dengan nama Candi Roro Jonggrang, tempat wisata ini berdiri pertama kali pada pertengahan abad ke-9. Candi ini dulunya sempat di tinggalkan pada tahun 900-an akibat berbagai hal, mulai dari perebutan kekuasaan hingga erupsi gunung. Pada tahun 1800-an, akhirnya Prambanan ditemukan kembali oleh masyarakat Jawa dan hingga kini berdiri sebagai tempat wisata yang dikenal secara internasional. Banyak yang mengatakan tidak sah rasanya jika sudah ke Candi Borobudur tetapi tidak mengunjungi Candi Prambanan.

 

Taman Nasional Komodo

Termasuk dalam UNESCO World Heritage, Komodo National Park atau Taman Nasional Komodo ini terletak di antara Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Tempat ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1980, dan tujuan utamanya adalah untuk melestarikan Komodo yang merupakan hewan eksotis. Taman nasional ini dipuja karena keindahan alamnya, tidak hanya memiliki Komodo, tempat ini juga memiliki kekayaan laut yang beragam dan melimpah. Rencananya di daerah Taman Nasional Komodo akan dibuka beberapa sekolah dan tempat wisata juga, lho.

 

Taman Nasional Ujung Kulon

Sebuah kiriman dibagikan oleh Reza (@reza_di_carita) pada

Terletak di Pulau Jawa, tepatnya di Banten, Taman Nasional Ujung Kulon menjadi tempat yang mendapatkan perhatian dari Google. Untuk merayakan ulang tahunnya ke 25, Google memberikan hadiah berupa feature dari Ujung Kulon di Google Doodle. Taman Nasional ini juga menjadi tempat penangkaran berbagai macam hewan langka, salah satunya adalah Harimau Jawa yang akhirnya punah pada tahun 60-an. Taman ini melindungi lebih dari 50 flora dan fauna langka, dan menjadi salah satu UNESCO World Heritage bersama dengan Komodo National Park dan Lorentz National Park.

 

Taman Nasional Lorentz

Terletak di Papua, Lorentz National Park adalah taman nasional dengan luas lebih dari 25 ribu kilometer. Tempat ini juga menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, Lorentz National Park juga memiliki kekayaan alam yang begitu beragam hingga tempat ini dikatakan sebagai taman nasional dengan kekayaan alam paling beragam di dunia. Hebatnya lagi, tempat ini memiliki berbagai macam area yang belum dieksplorasi oleh manusia, bisa dibayangkan banyaknya hal-hal lain yang sedang berlindung di dalam tempat ini.  Tempat ini diberi nama dari Hendrikus Albertus Lorentz, seorang Belanda yang pertama kali mengeksplorasi tempat ini pada tahun 1900-an.

 

Leave a Reply