Wisata yang Cocok dalam Bulan Ramadan

HeaderHeader: id.wikipedia.org

Berpuasa saat Ramadan memang bukan menjadi alasan untuk tidak pergi traveling. Meski begitu, karena energi tubuh yang tidak semaksimal biasanya, pilihan aktivitas yang bisa dilakukan pun terbatas. Pemilihan destinasi traveling pun harus dilakukan dengan persiapan lebih agar ibadah puasa Ramadan tidak terganggu. Nah, daripada bingung menentukan dan akhirnya tidak jadi berangkat, ZEN Rooms telah memilihkan beberapa tempat wisata yang cocok dikunjungi saat Bulan Ramadan.

Museum

1. Museum

Photo Credit: specindo.com

Sambil mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Sambil traveling, Anda bisa sekaligus menambah informasi. Menyusuri lorong-lorong museum akan membuat pengetahuan Anda bertambah kaya melalui benda-benda bersejarah yang dipajang di sana. Di Indonesia, sebetulnya ada cukup banyak museum yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata saat Ramadan. Jenisnya pun tidak melulu berupa museum hewan purba yang dipenuhi oleh kerangka. Namun, jika tertarik dengan museum serupa, Anda bisa mengunjungi Museum Satwa di Batu, Jawa Timur. Tidak jauh dari sana, ada pula Museum Angkut yang memuat banyak repllika jenis kendaraan. Beberapa museum lain tidak kalah seru untuk dikunjungi adalah Museum Kata di Belitung, Museum Geologi di Bandung, dan Museum Nasional di Jakarta.

Taman Bermain

2. Taman BermainPhoto Credit: kabaroke.com

Saat puasa Ramadan, rasanya waktu berlalu lebih lama dari biasanya, ya? Padahal sepertinya kita telah melakukan aktivitas dalam waktu yang lama, tetapi waktu baru bergeser selama lima menit. Daripada terus memperhatikan jarum jam, lebih baik Anda berwisata ke taman bermain. Ajak teman-teman atau anggota keluarga agar aktivitas bermain menjadi lebih seru. Indonesia punya beberapa opsi taman bermain yang tidak kalah bagus dari luar negeri, kok. Beberapa di antaranya adalah Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, dan Trans Studio. Tapi, ketika berwisata ke taman bermain, usahakan untuk tidak menaiki wahana yang terlalu ekstrim. Berteriak saat puasa bisa membuat Anda semakin haus.

Pantai

3. PantaiPhoto Credit: jadituris.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan rumah dari pantai-pantai dengan pemandangan menakjubkan. Bermain di pantai juga dapat menjadi alternatif wisata saat Bulan Ramadan. Anda bisa menikmati sunset sekaligus berbuka puasa di rumah makan dekat pantai. Pilihlah pantai yang dekat dengan tempat tinggal agar Anda tidak perlu menempuh jarak yang terlalu jauh dan memakan waktu. Misalnya, apabila berdomisili di Surabaya, Anda bisa mengunjungi Pantai Kenjeran. Anda yang berdomisili di Yogyakarta bisa berwisata di Pantai Parangtritis. Pantai Ancol juga cukup menarik dikunjungi bagi anda yang berdomisili di Jakarta.

Bazaar Ramadan

4. Bazaar RamadanPhoto Credit: coklateyes.my

Coba perhatikan, selama Ramadan, ada banyak bazaar dadakan yang dibuka di berbagai ruas pinggir jalan. Meski terkadang menimbulkan macet, tidak dapat dipungkiri bahwa hal inilah yang turut memeriahkan nuansa Ramadan. Daripada setiap hari hanya melewatinya, mengapa tidak menyempatkan diri untuk mampir ke bazaar tersebut? Bazaar dapat menjadi opsi wisata yang tidak kalah seru saat Ramadan, lho. Biasanya, bazaar Ramadan ini digelar ketika sore hari, cocok sekali dikunjungi sekaligus Anda ngabuburit bersama teman-teman atau keluarga. Tidak hanya berburu makanan dan minuman untuk berbuka puasa, beberpaa bazaar juga biasanya menjual barang-barang lain seperti pakaian dan aksesoris. Bisa sekalian belanja untuk lebaran!

Wisata Religi

5. Wisata Religi

Photo Credit: simas.kemenag.go.id

Bulan Ramadan juga bisa dimanfaatkan oleh umat muslim untuk mendalami ilmu agama. Anda bisa melakukannya dalam cara yang menyenangkan, yakni mengunjungi berbagai wisata religi, seperti masjid dengan arsitektur unik atau makam tokoh Islam terkenal. Di Kudus, Jawa Tengah, terdapat Masjid Menara Kudus yang memiliki arsitektur bergaya Bali. Ada pula Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya yang kental dengan nuansa arsitektur Tiongkok. Sedangkan, beberapa makam tokoh islam terkenal yang kerap dikunjungi saat bulan puasa adalah Wali Songo dan Gus Dur yang juga dikenal sebagai presiden keempat Indonesia. Sambil berwisata religi, Anda juga bisa menambah pahala dengan mengaji di dalam masjid-masjid tersebut atau membacakan doa bagi tokoh-tokoh islam.

Cukup seru untuk dicoba, kan? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa traveling saat Ramadan. Wisata-wisata di atas bisa Anda kunjungi beramai-ramai bersama teman-teman dan keluarga. Sambil berwisata, Anda bisa sekaligus mengeksplor kawasan-kawasan menarik di Indonesia yang cocok dijadikan wisata.

Leave a Reply