Yogyakarta dan Keseniannya

00-cover

Image source: http://indonesiaartnews.or.id/

Yogyakarta merupakan daerah yang kaya akan kesenian yang menarik. Bila Anda ingin menyaksikan beragam kesenian khas Yogykarata, Anda bisa langsung menuju ke daerah keraton dan melihat banyak benda-benda berseni disana. Namun, selain di keraton, ada beberapa kesenian yang juga dapat Anda kunjungi ketika berlibur di Yogyakarta. Kesenian-kesenian apa saja yang menarik di Yogyakarta? Simak saja ulasannya berikut ini.

Papermoon Puppet Theater

01-papermoon

Image source: http://beritaintrik.com/

Mendengar kata boneka, mungkin bagi sebagian besar dari Anda langsung menggambarkannya sebagai sebuah mainan anak-anak. Ternyata, bagi sepasang suami istri asal Yogyakarta ini, boneka menjadi sebuah pagelaran seni drama yang menarik dan berbeda dari biasanya. Sebutlah Maria Tri Sulistyani dan suaminya, Iwan Effendi yang mendirikan Papermoon Puppet Theatre.

Papermoon Puppet Theatre adalah teater boneka yang didirikan pada tanggal 2 April 2006. Berawal dari kegelisahan Ria, sapaan akrab Maria, melihat dunia pendidikan seni di Indonesia, di mana anak-anak diajari untuk meniru, tidak untuk bereksperimen dan berani mencoba hal-hal baru.

Pagelaran seni yang ditampilkan oleh Papermoon Puppet Theater cukup unik. Mereka menggunakan boneka menyerupai manusia yang berbahan dasar kayu dan kertas sebagai alat peraga dalam sebuah drama. Berbeda dengan boneka tali atau boneka tangan, boneka milik mereka diperagakan dengan cara digerakkan secara manual. Setiap orang memegang satu boneka dan berperan sebagai boneka tersebut.

Kisah drama yang ditampilkan juga cukup berbeda dari yang lainnya. Bila biasanya drama boneka menceritakan tentang kisah-kisah yang ceria, tidak demikian dengan drama boneka ini. Anda akan menemukan kisah dengan kesan yang dark dan lebih dewasa. Pasalnya, pentas drama boneka Papermoon Puppet Theater memberikan kisah-kisah dengan isu sejarah kelam Indonesia hingga kisah-kisah sensitif tentang masalah sosial masyarakat.

Eko Nugroho Art Class

02-eko nugroho art class

Image source: youtube.com

Setiap anak itu unik dan pasti dibekali oleh Tuhan kecerdasan yang unik pula. Setidaknya itu yang membuat Eko Nugroho berusaha mewujudkan mimpinya dengan mendirikan sekolah non-formal berbasis seni dan kreativitas, Eko Nugroho Art Class. Sekolah ini sedianya akan memberikan fasilitas mengenai aktualisasi kecerdasan anak sejak usia dini. Tujuannya untuk menjadi media ekspresi dan rekreasi bagi anak-anak tersebut.

Ada banyak aktifitas yang dapat Anda lakukan di Eko Nugroho Art Class. Sebagaimana sebuah sekolah biasa, Anda akan mendapatkan beragam pelajaran mengenai seni dengan banyak cabang seni, antara lain: melukis, eksplorasi media, hingga handicraft. Tak sebatas itu, Anda juga akan dengan mudah menangkap pelajaran dengan beragam media pembelajaran seperti alat peraga hingga audio visual.

Hasil-hasil dari kelas seni tersebut nantinya dijadikan sebagai alat pameran di galeri umum yang dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Selain itu, ada juga fieldtrip yang diselenggarakan di luar kelas sebagai pengenalan ruang-ruang seni Yogyakarta.

DGTMB

03-dgtmb

Image source: dgtmb.wordpress.com

Untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Yogyakarta yang berbeda dari biasanya, mungkin DGTMB akan sangat pas untuk Anda. Salah satu program seni bentukan Eko Nugroho ini menawarkan benda-benda berseni yang dapat Anda beli, seperti kaos hingga jaket dengan gambar-gambar menarik dan lain daripada yang lain.

Awalnya, Daging Tumbuh atau DGTMB ini diperkenalkan sebagai sebuah komik underground. Karena konsepnya yang anti-mainstream, DGTMB akhirnya dikembangkan menjadi sebuah perusahaan apparel dengan karya-karya yang menarik. Karena banyaknya peminat, DGTMB pun melebarkan sayap ke berbagai benda-benda lain seperti papan skate hingga aksesoris unik dengan konsep seni yang lain daripada yang lain.

Setidaknya, Anda akan menemukan karya-karya seni yang cukup berbeda dari yang biasa Anda lihat di Yogyakarta. Selain bisa mendapatkan banyak pengalaman unik dengan karya-karya seni tersebut, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi sebagaimana mereka menginspirasi orang-orang lain untuk berkarya. Jadi, mana yang akan menjadi lokasi liburan Anda selanjutnya?

Leave a Reply